Trik Melacak HP yang Hilang Tanpa Menggunakan Aplikasi

Trik Melacak HP yang Hilang Tanpa Menggunakan Aplikasi

Seringkali saat kehilangan sebuah ponsel, kamu bertanya-tanya aplikasi apa yang bisa digunakan untuk melacak posisi ponselmu. Padahal terdapat cara beberapa cara melacak HP yang hilang tanpa aplikasi, hanya saja kamu perlu bantuan perangkat lainnya untuk mengecek lokasi dari ponsel.

Hal tersebut bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan fitur bawaan yang biasanya sudah terpasang secara otomatis pada awal dibelinya ponsel tersebut. Salah satu yang paling umum dipakai, yakni dengan menggunakan bantuan GPS. Berikut penjelasan lebih rincinya.

Daftar Isi:

Aplikasi Umum yang Biasa Dipakai Untuk Lacak Lokasi

Meski melacak hp hilang tanpa aplikasi bisa dilakukan, namun sebagian orang pasti juga ada yang mengetahui cara tersebut dan memilih untuk melacak menggunakan aplikasi saja. Terdapat rekomendasi aplikasi pelacak handphone yang dapat dengan mudah dioperasikan dengan mudah.

Life360 menjadi salah satu aplikasi jitu untuk melacak ponsel yang hilang dan sudah diunduh hingga 50 juta pengguna. Namun, untuk bisa menggunakannya kamu harus mengaktifkan GPS pada ponsel yang hilang. Untuk itu selalu nyalakan GPS dan jangan pernah mematikannya.

Cara Melacak Smartphone yang Hilang Tanpa Bantuan Aplikasi

Ada beberapa cara melacak HP tanpa aplikasi yang bisa kamu gunakan dengan mudah dan cepat. Berikut ini penjelasan mengenai cara-cara tersebut.

Artikel Terkait:  10 Aplikasi Pelacak HP yang Hilang, Inilah Daftarnya!

1. Menggunakan Nomor IMEI

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan nomor IMEI. Semua ponsel sudah pasti memiliki nomor IMEI dan pasti nomor IMEI tiap ponsel tidaklah sama. Lalu bagaimana cara melacak dengan nomor IMEI? Yang pasti kamu harus mengetahui IMEInya.

Dan kamu perlu bantuan operator dari ponselmu untuk melacak ponsel tersebut. Kamu bisa mencoba menghubungi langsung Call Center dari operator ponselmu dan sampaikan permasalahanmu. Nantinya pihak mereka akan melacak titik ponselmu melalui nomor IMEI.

2. Gunakan Google Find My Device

Google Find My Device tidak hanya bisa kamu operasikan melalui aplikasinya, tapi kamu juga bisa menggunakannya melalui browser. Hanya saja kamu harus mengingat username dan password email yang sejak awal ponsel tersebut diaktifkan, serta email harus ada di ponsel itu.

Artikel Terkait:  Cara Menggunakan Family Locator Untuk Keluarga

Nantinya kamu tinggal masuk saja ke Google Find My Device yang bisa kamu akses melalui Google dan masuk ke pengaturan. Lalu cari menu keamanan atau security dan pilih Find My Device. Masukkan email yang terpasang di ponselmu yang hilang dan akan dilacak.

3. Pemasangan Chip Pada Handphone

Memasang chip menjadi salah satu solusi cepat yang bisa kamu lakukan ketika ingin melacak ponselmu yang hilang. Keunggulan yang dimiliki oleh sebuah chip adalah ialah chip yang akan tetap menyala meski handphone dalam keadaaan mati, dimana GPS akan ikut non-aktif.

Nantinya kamu bisa melacak pergerakan chip yang terpasang pada ponsel yang hilang tadi dengan perangkat lainnya. Biasanya pada awal pemasangan chip, maka akan langsung ditautkan pada perangkat lainnya. Sehingga ketika ponsel hilang, kamu bisa langsung melacaknya.

Artikel Terkait:  Cara Melacak Hp Dalam Mode Pesawat, Lewat Lini Masa Google Tanpa HP Lain

Itu tadi tiga cara melacak HP hilang tanpa aplikasi yang bisa kamu coba. Sedikit saran, karena sebagian cara tadi memerlukan informasi tambahan, seperti nomor IMEI, username dan password email yang terpasang, pastikan untuk selalu mencatat informasi tersebut di notes.

Mengingat informasi tadi bersifat pribadi dan rahasia, maka catat pada notes khusus, dimana hanya kamu saja yang mengetahuinya. Pastikan juga untuk selalu mengaktifkan GPS ponsel dan tidak mengotak-atik pengaturan bawaan yang sudah diatur. Semoga membantu kamu, ya.