Tips Menjadi Content Writer

Tips Menjadi Content Writer: Jangan Dilewatkan!

Kerja online menjadi content writer – Content writer atau penulis konten merupakan orang yang ahli dalam bidang penulisan untuk sebuah situs web. Tips menjadi content writer yang paling utama tentunya harus sering membaca dan harus terus menerus melakukan riset agar tulisan yang dihasilkan terlihat fresh dan menarik.

Kamu juga perlu memahami tujuan dari dibuatnya suatu konten tulisan tadi untuk apa. Sebagai contoh, isi konten dalam web kecantikan tentu akan jauh berbeda dengan konten yang ada dalam web olahraga. Mungkin keduanya berkaitan, namun isi kontennya tentu akan sangat berbeda.

Daftar Isi:

Skill Dasar yang Bagi Seorang Content Writer

Berbicara mengenai tips menjadi content writer tentu sama halnya dengan membahasa skill dasar yang harus dimiliki seorang content writer. Yang pertama, pasti paham mengenai apa itu SEO. SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization. Apa maksudnya SEO?

SEO sendiri dapat diartikan sebagai teknik atau cara yang bisa dilalukan untuk menaikkan trafik web, sehingga ketika dicari akan masuk dalam jajaran pencarian teratas di Google. Dengan begitu kamu akan mengetahui bagaimana cara membuat konten yang dikategorikan dalam SEO.

Tips Menjadi Seorang Content Writer

Jika kamu memiliki passion dalam bidang kepenulisan dan berminat untuk menjadi seorang content writer, berikut beberapa tips menjadi content writer yang bisa kamu contoh.

Artikel Terkait:  Langkah Mudah Menjadi Freelancer Desain Grafis

1. Perbanyak Membaca dan Sering Melakukan Riset

Sesuai dengan penjabaran pada paragraf awal, seorang content writer dituntut untuk menjadi orang yang gemar membaca dan senang riset. Dengan seringnya membaca kamu dapat mengenal berbagai teks dan dengan riset kamu dapat mengetahui hal-hal yang sedang trend di era terbaru.

2. Pilih Jenis Konten

Maksud dari memilih jenis konten di sini adalah kamu harus mengetahui bakat dan minat kamu. Meski namanya sama-sama konten, dalam konteks konten itu sendiri pun masih dipecah dalam berbagai jenis lagi, contohnya konten blog, script, podcast, video script, atau konten SEO.

3. Belajar Membuat Outline

Outline merupakan suatu kerangka dalam tulisan, sehingga dapat mempersingkat waktumu dalam membuat sebuah konten tulisan. Kamu bisa memulainya dengan menentukan judul, alur tulisan, pertanyaan yang disertai jawaban, hingga target pembaca yang ingin kamu gapai tadi.

Artikel Terkait:  Tetap Produktif, Meski Kerja Online Di Rumah Lewat HP

4. Sering Latihan Menulis

Bisa karena biasa sudah menjadi dasar belajar sejak dulu, tak terkecuali dalam belajar menulis. Untuk mengasah kemampuan menulismu, cobalah untuk sering menulis tanpa melihat kesalahan yang kamu tulis. Dalam artian jika memang ada salah atau typo dapat kamu revisi di akhir.

5. Revisi atau Edit Dengan Teliti

Proses editing memang selalu menjadi bagian paling labil dalam pembuatan konten apapun karena banyaknya perubahan. Namun, dengan begitu kamu akan menghasilkan konten yang segar. Untuk itu kamu harus selalu meluangkan waktu untuk merevisi tulisan yang kamu buat.

6. Percaya Diri Pada Kualitas Diri

Seringkali dengan menjadi content writer, menuntut kamu menjadi sempurna dalam membuat konten, mengingat konten tersebut diperuntukkan bagi banyak orang. Hal tersebut tentu memberi tekanan dan membuat down. Kuncinya yakin pada kualitas diri sendiri dan tetaplah percaya diri.

Artikel Terkait:  Cara Melamar Kerja Online Paling Mudah dan Anti Gagal

Nah, enam tips menjadi content writer di atas dapat kamu mulai kamu terapkan mulai sekarang jika ingin menekuni dunia content writer. Untuk menambah wawasan kamu mengenai konten berupa tulisan, kamu harus siap menerima saran atau bahkan kritikan dari yang lebih ahli.

Mungkin saat baru memulai menjajaki dunia content writer, kamu akan sedikit tertekan. Namun, jika kamu sudah biasa dengan tekanan tersebut, dapat dipastikan kamu akan menikmatinya. Jangan ragu pula untuk bertanya, karena dengan begitu ilmu kamu akan semakin bertambah.