Solusi dan Penyebab Find My Device Tidak Dapat Menjangkau Perangkat

Solusi dan Penyebab Find My Device Tidak Dapat Menjangkau Perangkat

Find my device tidak dapat menjangkau perangkat adalah masalah umum yang sering dialami oleh para pengguna smartphone, terutama Android. Padahal, fitur ini sangat berguna untuk melacak smartphone milik kita. Misalnya, ketika ponsel hilang.

Meskipun merupakan masalah yang banyak dialami pengguna, tetapi tidak semua orang mengetahui cara mengatasi find my device tidak dapat menjangkau perangkat. Oleh karena itu, penting untuk mempelajarinya.

Salah satu penyebab dari masalah tersebut yaitu karena find my device lokasi dinonaktifkan. Namun, sebetulnya masih ada berbagai penyebab lainnya serta cara mengatasinya yang juga perlu Anda ketahui.

Daftar Isi:

Mengenal Perangkat Find My Device Smartphone

Find my device adalah perangkat lunak atau fitur yang ada di dalam smartphone. Fitur ini tersedia di setiap smartphone dengan tujuan utama untuk keamanan bagi penggunannya. Meskipun demikian, masih banyak pengguna yang merasa awam dengan fitur ini.

Fitur ini juga dikenal dengan sebutan fitur find my phone. Hal ini karena kegunaan utamanya sebagai fitur pelacak smartphone. Adapun, fitur ini berupa aplikasi yang sudah tersedia sebagai aplikasi bawaan maupun aplikasi yang harus diunduh pengguna.

Bagi pengguna yang tidak memiliki aplikasi ini dalam smartphone ketika baru membelinya, jangan khawatir karena Anda bisa mengunduhnya di Play Store. Aplikasi ini aman karena dikembangkan secara resmi oleh pihak Google.

Artikel Terkait:  Cara Mengunci HP Yang Hilang, Dijamin Ampuh!

Cara Mengatasi Find My Device yang Bermasalah

Find my device tidak dapat menjangkau perangkat adalah masalah yang harus segera diatasi. Jika dibiarkan, hal ini bisa merugikan pengguna itu sendiri. Terutama ketika ponsel hilang atau dicuri. Berikut beberapa cara untuk mengatasinya:

1. Pastikan Bahwa Smartphone Telah Mengaktifkan Fitur Find My Device

Fitur yang juga dikenal dengan sebutan temukan perangkat saya ini harus diaktifkan terlebih dahulu. Jika smartphone Anda memunculkan notifikasi find my device tidak dapat menjangkau perangkat mungkin saja karena Anda belum mengaktifkan fiturnya.

Adapun, fitur ini merupakan perangkat UI yang juga bisa menampilkan informasi mengenai baterai dan WiFi. Berikut langkah untuk mengaktifkannya:

  • Buka menu ‘Settings’ pada smartphone
  • Lalu, pilih opsi ‘Security & Location’
  • Setelah itu aktifkan fitur ‘Find My Device’
Artikel Terkait:  Cara Hapus Data HP yang Hilang Dari Jarak Jauh

2. Pastikan Fitur Lokasi Pada Smartphone Anda Aktif

Bagaimana cara mengatasi masalah find my device tidak dapat menjangkau perangkat? Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan yaitu mengaktifkan fitur lokasi pada smartphone Anda. Supaya find my device bisa tetap berfungsi, maka Anda juga harus bisa mengaktifkan lokasi.

Berikut cara mudah untuk mengaktifkan fitur lokasi pada smartphone:

  • Masuk ke menu ‘Settings’ yang ada pada menu utama smartphone
  • Pilih opsi ‘Security and Location’
  • Aktifkan mode ‘Acces to my location’, kemudian pilih ‘High Accuracy’

3. Aktifkan Visibilitas Google Play

Sebelum mempelajari cara melacak hp yang hilang, Anda harus bisa mengatasi masalah find my device tidak dapat menjangkau perangkat terlebih dahulu. Salah satu caranya, yaitu dengan mengaktifkan visibilitas Google Play. 

Artikel Terkait:  Cara Lacak HP Lewat WhatsApp

Jika visibilitas Google Play tidak diaktifkan, maka besar kemungkinannya Anda tidak akan bisa mengakses fitur find my device dengan baik. Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan visibilitas Google Play:

  • Buka aplikasi Google Play, kemudian buka menu ‘Settings’
  • Pilih opsi ‘Visibilitas’, kemudian pilih opsi ‘Perangkat’

Cara Melacak Smartphone yang Hilang dengan Find My Device

Setelah mengetahui cara mengatasi masalah find my device tidak dapat menjangkau perangkat, kini waktunya Anda menggunakannya untuk melacak smartphone yang hilang. Berikut langkah-langkahnya:

  • Unduh aplikasi Find My Device di Play Store
  • Instal, kemudian buka aplikasi
  • Login atau masuk menggunakan akun Google Anda
  • Tunggu beberapa saat hingga map menampilkan lokasi yang menunjukkan keberadaan smartphone Anda
Artikel Terkait:  Cara Setting Find My Device di Smartphone yang Hilang

Cara tersebut bisa menjadi pilihan terbaik jika Anda tidak bisa menggunakan cara temukan perangkat saya dengan email untuk mendeteksi smartphone yang hilang. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan banyak fitur yang bermanfaat bagi pengguna.

Lalu, bagaimana cara menonaktifkan find my device? Cara ini juga bisa Anda lakukan dengan mudah. Yaitu, Anda hanya perlu menonaktifkan aplikasi atau log out dari akun Google yang digunakan. 

Secara otomatis, aplikasi tersebut akan dinonaktifkan. Untuk menambah cara menambah device di find my device, Anda hanya perlu log in dengan akun Google yang akan ditautkan dengan device tambahan setelah akun sebelumnya di-logout. 

Beberapa Hal yang Membuat Smartphone Sulit Dilacak 

Aplikasi finding my device tidak menjamin 100% akan menemukan smartphone Anda yang hilang. Masih ada potensi smartphone Anda tidak bisa ditemukan walaupun sudah menggunakan aplikasi ini. Berikut beberapa hal yang menjadi penyebabnya:

Artikel Terkait:  Trik Melacak HP yang Hilang Tanpa Menggunakan Aplikasi

1. Smartphone Tidak Tersambung ke Internet

Find my device merupakan aplikasi yang mengandalkan internet untuk bisa mengaktifkan fiturnya. Oleh karena itu ketika smartphone anda tidak terhubung ke internet maka akan sulit untuk melacak perangkat yang hilang.

Selain itu, mungkin juga internet HP Anda yang hilang sedang mati.

Akan sulit menemukan smartphone yang hilang dengan find my device ketika smartphone dalam kondisi internet yang mati. Maka, jika aplikasi tidak bisa menemukan smartphone Anda yang hilang, mungkin saja internet dari smartphone tersebut sedang mati.

Kalau tidak mungkin juga smartphone yang hilang memang sedang tidak aktif. Jadi, untuk melacak keberadaan smartphone yang hilang aplikasi ini memang harus bisa menangkap sinyal internet dari smartphone itu.

Artikel Terkait:  Cara Cek Lokasi Smartphone Melalui IP Address Secara Mudah

2. Data Smartphone Telah Direset

Alasan berikutnya yang menjadi penyebab kenapa smartphone ada yang hilang tidak bisa ditemukan yaitu karena datanya sudah diubah atau di reset. Ketika data utama seperti akun Google sudah diubah, maka akan sulit melacaknya.

Sebab aplikasi ini hanya mengandalkan deteksi dari akun Google yang terpasang pada smartphone Anda. Maka akan sangat kecil kemungkinannya untuk menemukan smartphone yang hilang ketika data utama dari smartphone tersebut sudah diubah.

Kondisi seperti ini memang jarang terjadi jika smartphone Anda yang hilang belum ditemukan oleh orang lain. Sebab, data serta akun Google yang telah direset hanya bisa dilakukan oleh tangan manusia.

Artikel Terkait:  10 Aplikasi Pelacak HP yang Hilang, Inilah Daftarnya!

3. Fitur Lokasi Sedang Mati

Masih ada penyebab berikutnya yang membuat Smartphone tidak bisa ditemukan ketika dilacak dengan find my device. Yaitu fitur pencarian lokasi dari smartphone yang hilang sedang mati. Hal ini Tentunya menyulitkan aplikasi untuk bisa mendeteksi keberadaan smartphone tersebut.

Meskipun sepele tetapi hal ini menjadi penyebab yang paling utama kenapa smartphone sulit ditemukan. Selain itu, fitur ini juga memang jarang diaktifkan oleh pengguna jika sedang tidak membuka aplikasi tertentu. 

Maka, ketika smartphone Anda yang hilang tidak bisa ditemukan mungkin alasan utamanya karena fitur lokasi tidak aktif. Kemungkinan lainnya yaitu ketika ada orang lain yang menemukan smartphone tersebut kemudian fitur lokasi langsung dinonaktifkan.

Artikel Terkait:  Cara Melacak Hp Dalam Mode Pesawat, Lewat Lini Masa Google Tanpa HP Lain

Demikian informasi mengenai cara mengatasi find my device tidak dapat menjangkau perangkat dan informasi penting lainnya. Aplikasi find my device memang sangat bermanfaat untuk membantu mendeteksi smartphone yang hilang.