Kelebihan dan Kekurangan Adobe Premiere Pro

Kelebihan dan Kekurangan Adobe Premiere Pro Sebagai Aplikasi Edit Video

Konten video saat ini sedang booming di kalangan milenial. Untuk mengeditnya dibutuhkan aplikasi Adobe Premiere  yang merupakan aplikasi edit video kaum milenial saat ini. kita akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan Adobe Premiere Pro dalam editing video.

Sebelum kita masuk dalam kelebihan dan kekurangan dari Adobe Premiere Pro, kita harus tahu nih apa sih aplikasi yang satu ini?

Pengertian Adobe Premiere Pro

Jadi Adobe Premiere  Pro adalah salah satu software yang digunakan untuk mengedit video secara profesional. Software ini bisa digunakan untuk mengedit baik secara online atau offline. 

Artikel Terkait:  Cara Memotong Video Online: Gunakan Website Berikut!

Kamu bisa mengedit berbagai video dengan format yang berbeda, mulai  dari resolusi rendah sampai ke resolusi tinggi, selain itu juga ada kelebihan dan kekurangan Adobe Premiere Pro  setelah digunakan.

Sejarah Adobe Premiere Pro

Pertama kali Adobe rilis pada tahun 1991 tepatnya pada bulan desember dan hanya bisa digunakan di platform OS saja. kemudian di tahun berikutnya Adobe mulai mengembangkan versi 2.0 sampai ke versi lainnya.

Kemudian pada tahun 2003, Adobe ini mengalami perkembangan baik untuk desain dan fitur Pro. Premiere Pro  inilah yang merupakan acuan dari versi yang lebih baru. 

Premiere Pro ini menjadi salah satu bagian dari Adobe Creative Suite yang kemudian bertransisi CS ke CC yang ada di tahun 2013.

Artikel Terkait:  Cara Bikin Efek Jedag Jedug di Capcut: Gampang Banget!

Kemudian membuka basis yang mendukung sistem operasi dari Windows ke Mac OS. Kemudian rilis Premiere Pro yang terbaru dengan versi CC 2020. Kemudian saatnya kita membahas tentang kelebihan dan kekurangan Adobe Premiere Pro.

Kelebihan Adobe Premiere Pro

Inilah beberapa kelebihan yang ada di Adobe Premiere Pro.

  • Biasanya digunakan untuk mencari capture yang ada secara langsung dari kamera lain yang terhubung ke komputer. Hasilnya bisa disimpan dengan beraneka ragam format file.
  • Mempunyai tampilan yang nyaman dan tertata dengan rapi. Kemudian tertata dengan rapi sehingga semua sudut sangan fungsional.
  •   Memiliki kapasitas timeline yang menampung audio sampai 99 buah untuk mengedit dengan leluasa dan berbagai  macam audio.
  • Memiliki tingkat ketelitian editing sampai 0,01 seconds  yang hasilnya akan sangat maksimal.
  • Memiliki efek dan filter yang sangat berguna untuk mengatur highlight, dan lighting. 
  • Memiliki berbagai preset yang bisa digunakan untuk menambah kesan video  seperti zoom out, dan zoom in.
  • Bisa dikombinasikan dengan beberapa animasi yang nantinya dibuat dengan software lain yang nantinya bisa digunakan untuk membuat video hybrid dan animasi 3D.
  •  Setiap  kolom yang ada di fitur Premiere Pro ini dapat ditentukan dengan mengubah tampilan sesuka hati. Kamu bisa mengedit secara maksimal.
Artikel Terkait:  Cara Download Template Capcut Tanpa Watermark

Kekurangan Adobe Premiere Pro

Inilah kekurangan yang ada di Adobe Premiere Pro.

  • Kelemahan yang ada di Adobe Premiere Pro ini ada di proses pembelajaran yang tidak mudah. Untuk menguasai aplikasi, kamu diharuskan mempelajarinya melalui Youtube dan website lainnya.
  • Aplikasi ini memiliki lisensi, untuk menggunakan semua fitur yang ada di Adobe Premiere Pro ini diharuskan membeli lisensi terlebih dahulu. untuk harganya cukup menghabiskan dompet, biasanya lisensi ini dibeli oleh professional editing yang harus menggunakan fitur premium.
  • Dibutuhkan laptop atau komputer yang sesuai dengan spesifikasi untuk menjalankan aplikasi, jika tidak maka aplikasi tidak akan bekerja secara optimal dan mumpuni.
  • Tidak bisa langsung export menjadi file, biasanya memakan waktu untuk rendering terlebih dahulu.
  • Ada beberapa teknik editing yang diharuskan menggunakan aplikasi lain untuk menjalankannya. 
Artikel Terkait:  Cara Edit Video Aesthetic di InShot

Itulah kelebihan dan kekurangan Adobe Premiere Pro untuk mengedit konten . Sampai saat ini Adobe Premiere Pro masih digunakan untuk mengedit berbagai konten video.