GPS HP Dalam Kondisi Mati, Apakah Bisa Dilacak

GPS HP Dalam Kondisi Mati, Apakah Bisa Dilacak?

GPS HP mati, apakah bisa dilacak? Pertanyaan tersebut seringkali ditanyakan banyak pengguna ponsel yang pernah kehilangan ponsel mereka, namun dalam kondisi GPS yang mati. Dan jawabannya adalah bisa. Cara ini bisa kamu lakukan ketika kehilangan ponsel dengan GPS mati.

Memang seringkali terdapat beberapa orang yang memilih untuk menonaktfikan fitur GPS. Padahal GPS sangat penting jika terjadi kejadian hilang seperti itu. Pemasangan akun email juga cukup berpengaruh dalam pelacakan lokasi terkini untuk menangani ponsel yang hilang.

Daftar Isi:

Fungsi Fitur GPS Dalam Smartphone

Global Positioning System atau yang bisa disebut dengan GPS, merupakan salah satu fitur yang berfungsi untuk melacak posisi suatu objek dengan bantuan navigasi satelit melalui peta digital. Terdapat berbagai macam jenis GPS, salah satunya GPS yang terpasang pada sistem handphone.

Umumnya GPS berperan dalam pelacakan ponsel yang hilang, entah itu dicuri atau jatuh di suatu titik. Namun, ada kalanya kita tidak mengaktifkan layanan GPS, sehingga kesulitan sendiri. Lalu GPS HP mati, apakah bisa dilacak? Tentu saja bisa, tetapi caranya pun cukup rumit dan susah.

Cara Melacak Handphone yang Hilang Dalam Kondisi GPS Mati

Jika kamu mengalami kejadian ponsel hilang, namun dalam kondisi GPS yang mati, berikut terdapat dua cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Artikel Terkait:  Cara Mengunci HP Yang Hilang, Dijamin Ampuh!

1. Lengkapi Handphone Dengan Chip

Pemasangan chip pada handphone akan menjawab pertanyaanmu mengenai GPS HP mati, apakah bisa dilacak. Jika kamu berpikir chip hanya bisa dipasang pada tubuh manusia atau hewan, kamu salah besar. Hal itu karena chip juga bisa dipasang pada sebuah ponsel.

Ketika kamu kehilangan ponsel, lalu ponsel dalam kondisi mati, ini akan sangat membantu. Meskipun ponselmu mati, chip yang terpasang pada ponsel akan tetap menyala. Dengan begitu kamu dapat mengetahui perpindahan ponselmu jika pada lokasi kehilangan, ponselmu tidak ada.

2. Penularan Virus Handphone

Badan Internasional NSA atau yang sering dikenal dengan The National Security Agency disebut-sebut dapat melacak ponsel dengan kondisi mati. Hal itu dapat mereka lakukan dengan menulari ponsel yang hilang dengan sebuah virus yang nantinya akan melacak posisi ponsel itu.

Artikel Terkait:  Cara Melacak HP yang Hilang, Terbukti Ampuh!

Virus yang akan menyerang ponsel tersebut bernama Trojan. Nantinya saat ponsel yang hilang tersebut diinfeksi dengan virus tersebut, maka ponsel secara otomatis akan terus mengeluarkan pancaran sinyal. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan jika kondisi baterai tidak terlepas dari HP.

3. Melacak Dengan Nomor IMEI

IMEI adalah nomor unik pada setiap ponsel yang diartikan sebagai tanda pengenal. Nomor ini dimiliki semua jenis ponsel dan sudah menjadi identitas bawaan ponsel, bahkan sudah menjadi syarat wajib. Dengan begitu adanya nomor IMEI ini tidak dapat dihilangkan atau ditiadakan.

Cara melacak HP lewat IMEI tentu kamu harus mengetahui nomor IMEI ponselmu dan juga diperlukan pihak operator pada ponsel yang kamu gunakan. Nantinya operator akan membantu kamu melacak keberadaan ponselmu melalui nomor IMEI yang terdapat pada ponsel yang kamu pakai.

Artikel Terkait:  Cara Melacak HP Lewat IMEI: Ternyata Bisa Loh!

Cukup untuk menjawab pertanyaanmu mengenai GPS HP mati, apakah bisa dilacak bukan? Sebagai penjagaan, kamu perlu mencatat nomor IMEI ponsel yang kamu pakai dalam sebuah notes. Mengingat nomor IMEI biasanya cukup rumit dan sulit untuk dihafalkan di luar kepala.

Sedikit himbauan, cara di atas tentu tidak sepenuhnya dapat menemukan kembali ponselmu jika tiba-tiba ponsel hilang atau lainnya. Untuk itu biarkan GPS selalu dalam kondisi aktif, sehingga kamu tidak kewalahan saat mengalami kejadian kehilangan ponsel. Semoga membantu, ya.