Cara melamar kerja online

Cara Melamar Kerja Online Paling Mudah dan Anti Gagal

Saat ini sebagian besar perusahaan dan pencari kerja menggunakan metode rekrutmen online untuk mencari pekerja. Maka, untuk Anda yang sedang mencari pekerjaan, cara melamar kerja online yang benar harus Anda ketahui agar lamaran Anda diterima.

Melamar kerja secara online terlihat mudah tapi sebenarnya banyak yang harus dipersiapkan. Cara melamar kerja online pun beragam. Untuk itu ada berbagai cara dan hal yang harus diperhatikan sebelum melamar. Simak ulasannya di bawah ini.

Daftar Isi:

Melamar Kerja Online Lewat Situs Pencari Kerja

Kebanyakan perusahaan membuka lowongan pekerjaan melalui situs pencari kerja agar lebih praktis. Cara melamar kerja online melalui situs pencari kerja cukup mudah karena Anda hanya perlu menekan tombol apply yang sudah disediakan di situs pencari kerja tersebut.

Tapi sebelum melamar pekerjaan, ada beberapa persiapan yang harus Anda lakukan antara lain seperti di bawah ini.

1. Pastikan Sudah Punya Akun

Jika akan melamar pekerjaan melalui situs pencari kerja pastikan Anda sudah mempunyai akun di situs yang akan Anda gunakan. Jika belum punya akun, buatlah akun terlebih dahulu dengan menggunakan alamat email yang masih aktif. 

Artikel Terkait:  Kerja Online Dibayar Tiap Hari dengan Penghasilan Menjanjikan

Alamat email harus aktif karena biasanya jika sebuah perusahaan tertarik dengan profil Anda, mereka akan menghubungi Anda melalui email yang anda gunakan untuk melamar.

Setelah memiliki akun, otomatis Anda akan terdaftar sebagai pencari kerja di situs tersebut dan Anda sudah bisa mulai melamar pekerjaan.  

2. Isi Data Diri dan Persyaratan

Selain mempunyai akun, Anda juga harus melengkapi data diri dan data lainnya yang diminta oleh situs pencari kerja. Ada beberapa data basic yang pasti diminta oleh semua jenis situs pencari kerja seperti data diri, riwayat pendidikan, dan pengalaman kerja. 

Pastikan Anda mengisi data tersebut dengan benar dan jujur agar perusahaan yang Anda lamar bisa langsung menilai profilmu dan bisa mempertimbangkan apakah Anda memenuhi kualifikasi yang mereka cari atau tidak.

Artikel Terkait:  Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Online yang Benar

3. Perhatikan Posisi Yang Dilamar

Sebelum mengajukan lamaran pastikan posisi yang Anda lamar belum terisi. Pastikan juga Anda memenuhi kriteria calon pekerja yang mereka cari. Jika Anda memenuhi kriteria silahkan melamar, tapi jika tidak sebaiknya tidak usah melamar karna pasti Anda akan langsung gugur.

Selain itu sebelum melamar suatu pekerjaan Anda harus memahami jobdesk, lokasi kerja, sistem kerja (apakah harus kerja di kantor atau bisa dikerjakan jarak jauh), status pekerjaan (apakah tetap, kontrak, atau paruh waktu), dan gaji yang diberikan. 

Melamar Kerja Online Lewat Email

Cara melamar kerja online yang mudah lainnya adalah dengan mengirim lamaran lewat email langsung ke perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Cara ini terkesan sangat mudah tapi ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar berhasil.

Artikel Terkait:  Kerja Online Part Time Vs Full Time, Manakah Yang Lebih Worth It ?

1. Perhatikan Alamat Email

Perusahaan akan memberi tahu alamat email yang bisa dituju untuk mengirim lamaran. Pastikan alamat yang Anda tuju benar. Untuk melamar pekerjaan gunakan email yang masih aktif.

Pastikan juga alamat email Anda serius dan profesional, misalnya alamat email dengan menggunakan nama asli.

Jangan menggunakan alamat email yang aneh-aneh apalagi terkesan nyeleneh karena Anda akan dianggap tidak sungguh-sungguh melamar pekerjaan. Sebisa mungkin lengkapi email Anda dengan foto agar terlihat makin meyakinkan dan profesional.

2. Perhatikan Subjek Email

Cara melamar kerja online lewat email yang baik salah satunya dengan mengisi subjek email dengan tepat, misal “Lowongan Pekerjaan Untuk Posisi Admin”.

Artikel Terkait:  Langkah Mudah Menjadi Freelancer Desain Grafis

Jadi ketika perusahaan menerima emailmu mereka akan langsung tahu tujuan Anda mengirim email atau posisi apa yang Anda lamar.

Ada juga perusahaan yang sudah menentukan isi subjek dalam mengirim email lamaran kerja. Jika  demikian maka Anda harus mengisi subjek email sesuai dengan permintaan mereka.

Hati-hati dalam memberi subjek email karena kesalahan dalam mengisi subjek bisa berakibat emailmu terlewat bahkan tidak terbaca oleh perusahaan. 

3. Isi Badan Email

Saat mengirim lamaran pekerjaan melalui email jangan hanya mengirimkan berkas yang diminta. Sebaiknya tulis beberapa patah kata pada badan email sebagai pesan penyerta. Meski terkesan basa-basi tapi hal ini harus dilakukan untuk memberikan kesan yang baik.

Artikel Terkait:  Rekomendasi Kerja Online untuk Pelajar: Mudah dan Banyak Diminati

Badan email bisa Anda isi dengan salam, data diri secara singkat, dan tujuan Anda mengirim email. Sebagai penutup jangan lupa untuk mengucapkan salam dan terimakasih. Kalimat yang Anda gunakan harus formal untuk menunjukkan keseriusan dan profesionalitas Anda. 

4. Cantumkan Persyaratan

Saat melamar pekerjaan Anda pasti diminta untuk menyampaikan beberapa berkas untuk persyaratan seperti CV dan portofolio. Jangan lupa untuk menambahkan persyaratan tersebut pada email yang Anda kirim. Perhatikan juga format file dan format penulisan yang diminta. 

6. Waktu Mengirim Lamaran

Meski melalui email, kirimkan lamaran Anda pada jam kerja, yaitu sekitar pukul 8 pagi sampai jam 5 sore. Hindari mengirim email pada jam yang tidak produktif seperti tengah malam. Selain itu, pastikan juga bahwa Anda mengirim lamaran sebelum tenggang waktu yang ditentukan oleh pembuka lowongan kerja.

Artikel Terkait:  Skil Penting Kerja Jadi Admin Online

Melamar Kerja Online Lewat Website

Beberapa perusahaan juga membuka pendaftaran lowongan pekerjaan melalui website resmi perusahaan. Cara melamar kerja online lewat website cukup mudah karena akan ada penjelasan dan arahan yang jelas yang bisa Anda gunakan sebagai acuan. Sebelum mendaftar pastikan Anda melakukan hal ini.

1. Tahu Alamat Website

Sebagian besar perusahaan memang sudah mencantumkan website untuk melakukan lamaran pekerjaan, namun ada juga yang tidak. Ada juga yang menyediakan link sehingga dengan membuka link tersebut Anda sudah bisa melihat formulir pendaftaran.

2. Baca Formulir Dengan Cermat

Setelah membuka website biasanya akan muncul halaman pendaftaran. Akan terlihat formulir lamaran kerja yang harus diisi. Baca dengan teliti dan siapkan berkas apa saja yang harus diunggah.

Artikel Terkait:  Aplikasi Kerja Online Untuk Sampingan

Sebaiknya Anda mengisi formulir saat semua berkas sudah lengkap agar Anda tidak kerepotan.

Ada beberapa perusahaan yang juga melakukan tes pengetahuan awal seputar pekerjaan yang Anda lamar. Jika Anda menemui yang seperti ini maka siapkan juga dulu semua jawaban dari pertanyaan yang diajukan baru mulai menjawab.

4. Mengisi Formulir

Isi formulir dengan jujur dan sebenar-benarnya. Biasanya Anda juga akan diminta untuk mencantumkan alamat email dan nomor whatsapp. Pastikan alamat email yang Anda tulis masih aktif dan nomor whatsapp Anda benar.

Cara melamar kerja online memang beragam. Berbeda perusahaan bisa jadi berbeda juga cara melamar dan persyaratannya. Sebagai pelamar yang baik ikuti persyaratan yang sudah ditentukan oleh penyedia lowongan kerja sebaik mungkin.

Artikel Terkait:  Situs Kerja Mengisi Survey Online — Dijamin Dapat Duit!

Dengan mengikuti petunjuk dan memenuhi persyaratan yang diminta, maka peluang Anda untuk diterima semakin besar. Selamat mencoba cara melamar kerja online ini ya. Semoga berhasil!