Cara Bisnis Online di Shopee

Cara Bisnis Online di Shopee: Keuntungan, Tips dan Triknya

Shopee menjadi salah satu aplikasi e-commerce yang sudah diunduh lebih dari 10 juta pengguna di Play Store. Bagi kamu yang tertarik untuk membuka bisnis online di aplikasi Shopee, terdapat cara bisnis online di Shopee untuk menambah peruntunganmu di aplikasi belanja online satu ini.

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan hanya dengan berjualan secara online di aplikasi Shopee. Keuntungan utamanya, yakni modal yang minim. Dengan mencoba usaha online di Shopee kamu hanya perlu produk yang akan kamu pasarkan dan jual di platform ini.

Daftar Isi:

Keuntungan Berjualan di Aplikasi Shopee

Sebelum masuk pada bagian cara bisnis online di Shopee yang pertama, perlu kamu ketahui secara detail keuntungan yang akan dapatkan saat berencana untuk memulai usaha kamu di aplikasi Shopee. Berikut ini keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan jualan di Shopee.

  • Hanya dengan bermodalkan smartphone kamu sudah bisa membangun bisnis onlinemu di aplikasi Shopee. Itu artinya modal yang diperlukan sangat minim.
  • Pelayanan yang serba online, membuat e-commerce Shopee menjadi pilihan nomor satu bagi banyak konsumen. Sudah dipastikan bisnismu akan cepat berkembang.
  • Mungkin bagi kamu yang sudah pernah memakai aplikasi Shopee, biasanya pada event-event tertentu Shopee banyak mengeluarkan promo menarik, mulai dari gratis ongkir, potongan harga, hingga cashback koin.
Artikel Terkait:  Bisnis Reseller vs Dropship vs Distributor, Lebih Untung Mana?

Cara Membuka Akun Toko di Aplikasi Shopee

Cara bisnis online di Shopee yang pertama, yakni kamu harus membuka akun toko pada aplikasi satu ini. Berikut ini panduan cara membuka akun toko baru bagi kamu yang baru akan memulai membuka usaha online di aplikasi Shopee.

  • Buka aplikasi Shopee melalui browser, pc, atau aplikasi. Jika kamu ingin membukanya melalui aplikasi, maka unduh terlebih dahulu lewat App Store.
  • Pilih menu Daftar dan isi formulir dengan lengkap, seperti email, nomor yang masih aktif. Jika tidak memiliki email, ada baiknya buat akun email terlebih dahulu.
  • Jika sudah terisi dengan benar, pihak Shopee nantinya akan mengirim kode OTP melalui WhatsApp dan mengirim aktivasi melalui email.
  • Masukkan kode OTP dan verifikasi akun melalui link aktivasi yang dikirim melalui email. Tunggu beberapa saat dan akun pun siap untuk digunakan.
Artikel Terkait:  8 Ide Bisnis Online Kekinian Dengan Modal Minim

Jika cara bisnis online di Shopee tadi sudah kamu lakukan dengan urut dan benar, maka kamu tinggal mengunggah produk yang ingin kamu jual di aplikasi satu ini. Tampilkan produkmu dalam gambar yang menarik agar pembeli dapat dengan yakin memilih produk di tokomu.

Sedikit informasi, untuk memudahkan penjual dalam memantau perkembangan toko mereka, pihak Shopee menyediakan fitur khusus bernama Shopee Seller Centre.

Pada fitur ini, kamu dapat melihat perkembangan pada tokomu yang tersedia dalam bentuk grafik atau persen setiap bulan.

Trik dan Cara Bisnis Online di Shopee Untuk Pemula

Cara bisnis online di Shopee selanjutnya, yakni tips, trik, dan cara pemasaran yang wajib kamu terapkan pada toko baru kamu. Dengan begitu kamu lebih matang dalam menjalankan usahamu, serta meminimalisir kendala yang kamu temui saat memulai berbisnis di Shopee.

Artikel Terkait:  Cara Buka Bisnis Baju Online Bagi Pemula Agar Untung Besar

1. Tentukan Kamu Ingin Masuk Kategori Apa

Maksud dari kalimat diatas adalah kamu harus tahu kamu ingin menjual produkmu sendiri, daftar Reseller, atau justru memilih Dropshipper. Jika kamu memilih untuk menjual produk yang kamu produksi sendiri tentu kamu harus paham apa keunggulan dari produk yang akan kamu pasarkan.

Berbeda dengan Reseller yang justru lebih umum diartikan kamu menjual barang milik orang lain dan kamu harus membelinya terlebih dahulu, namun dengan harga jauh lebih murah. Untuk Dropshipper kamu hanya perlu mencari pelanggan dan memberikannya pada Supplier.

2. Tentukan Produk yang Ingin Dijual

Setelah kamu berhasil memutuskan untuk menjual produk sendiri, menjadi Reseller, atau daftar Dropshipper, tentu cara bisnis online di Shopee selanjutnya, yakni tentukan produk yang ingin dijual. Cara paling ampuh untuk menentukan produk tersebut, tentu kamu harus mengikuti trend.

Artikel Terkait:  Buku Belajar Bisnis Online: Pastikan Membacanya!

Untuk masalah satu ini, kamu bisa menggunakan bantuan Google Trend. Kamu bisa mengetik produk yang menjadi referensimu dan Google Trend akan menampilkan besaran grafik perkembangan produk terkini yang kamu ketik pada kolom pencarian tadi.

3. Perbanyak Pilihan Produk Pada Toko

Banyaknya produk yang dijual dan terpampang pada etalase toko di Shopee, ternyata juga memberi pengaruh pada tokomu, lho. Jumlah produk yang sedikit cenderung membuat pembeli berpikir dua kali untuk memutuskan belanja di toko online yang sedang kamu rintis tadi.

Pilihan yang banyak cenderung menarik perhatian pembeli agar tertarik dengan toko yang mereka tuju. Dengan begitu mereka memiliki banyak referensi mengenai produk yang ingin mereka beli. Untuk itu perbanyak variasi pada produk yang kamu jual agar lebih menarik.

Artikel Terkait:  5 Tips Sukses Memulai Bisnis Katering Rumahan

4. Mempromosikan Toko dan Produk

Promosi produk sudah menjadi bagian penting dalam suatu bisnis, tak terkecuali bisnis online. Kamu bisa mulai dengan memanfaatkan menu ads pada berbagai sosial media, contohnya Instagram, Facebook, atau Tik Tok. Kamu dapat memanfaatkan fitur tersebut secara gratis.

Buat video yang menarik mengenai tokomu, mulai dari profil toko, alamat toko, produk yang dijual, serta sisipkan diskon yang sedang berjalan. Kamu juga bisa membuat akun sosial media khusus toko agar pembeli dapat dengan mudah menemukan tokomu di berbagai platform.

5. Ikuti Event Shopee yang Sedang Berjalan

Cara paling ampuh agar tokomu cepat banyak dikenal ialah dengan mengikuti berbagai event yang diselenggarakan oleh pihak Shopee. Event ini biasanya bertepatan dengan Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional yang terjadi di tanggal yang sama, contohnya 4 April atau 5 Mei.

Artikel Terkait:  Memulai Bisnis Online Shop: Pastikan Tahu Strateginya!

Kamu juga bisa mendaftarkan toko kamu pada promo gratis ongkir yang diselenggarakan oleh Shopee. Biasanya promo tersebut dibuat dalam bentuk voucher gratis ongkir, voucher cashback koin, potongan harga dan lainnya. Dijamin pasti tokomu akan banyak diminati pembeli.

6. Evaluasi Penjualan Toko Tiap Akhir Bulan

Jika trik tadi sudah kamu lakukan, jangan lupa untuk selalu mengevaluasi toko dengan mencatat kendala apa saja kamu dapatkan selama membangun usaha di aplikasi Shopee. Kamu bisa mencari solusi dari kendala yang kamu dapatkan tadi dan belajar dari kesalahan yang ada. 

Itu tadi beberapa cara bisnis online di Shopee yang bisa kamu jadikan acuan dalam membangun bisnis onlinemu. Kunci utama dalam memulai usaha satu ini adalah jenis produk yang kamu jual. Jika produk yang kamu sedang trend kala itu, maka akan memungkinkan tokomu sangat pesat.

Artikel Terkait:  Rekomendasi Bisnis Online Rumahan untuk Ibu-Ibu

Promosi juga menjadi kuncinya. Promosi tidak harus kamu lakukan dengan video, kamu juga bisa memperluas relasimu sendiri dan mengiklankan pada kerabat terdekat dahulu. Pastikan juga untuk memberi pelayanan yang memuaskan, agar pembeli semakin nyaman dan senang.