Kemasan Plastik Makanan Produk UMKM

Kemasan Plastik Makanan Produk UMKM

Sudah Kenal Dengan Kemasan Plastik Makanan yang Fleksibel?

Di masa pandemi ini, kehigienisan makanan menjadi hal utama yang diperhatikan oleh para konsumen. Sebagai pelaku usaha yang menjual produk makanan, tentunya penggunaan kemasan plastik makanan yang kamu pakai harus diperhatikan secara cermat.

Kemasan plastik makanan memang jenis kemasan yang sering digunakan dalam bidang usaha kuliner. Hal ini dikarenakan material plastik memiliki keunggulan apabila dibandingkan dengan material kemasan lainnya seperti kertas, ataupun styrofoam. Mau tahu apa saja keunggulannya? Yuk simak ulasan berikut ini!

  1. Memiliki ketahanan yang baik

Meskipun memiliki bobot yang ringan, namun kemasan plastik makanan memiliki ketahanan yang baik untuk melindungi produk makananmu dari berbagai faktor. Mulai dari faktor udara, air, kelembaban, juga sinar cahaya matahari langsung. Faktor-faktor tersebut dapat merusak kondisi makanan baik secara langsung maupun tidak langsung. Oleh karenanya, penggunaan kemasan plastik makanan disarankan karena ketahanannya sangat baik terhadap faktor-faktor tersebut.

  1. Tahan terhadap suhu tertentu

Beberapa jenis bahan plastik memiliki ketahanan yang baik terhadap suhu tertentu baik itu panas ataupun dingin. Jadi apabila kamu menjual produk yang butuh untuk dipanaskan, kamu membutuhkan kemasan yang tahan terhadap suhu panas sehingga konsumen bisa memanaskannya. Namun apabila kamu menjual produk seperti frozen food, kamu harus memastikan kalau kemasan yang digunakan memiliki ketahanan terhadap suhu dingin sehingga tidak akan merusak kualitas produk saat disimpan di dalam freezer. Hal ini tentunya ditujukan agar konsumen bisa tetap mengonsumsi produk kamu dalam keadaan terbaik.

  1. Memiliki sifat fleksibel

Kemasan plastik makanan mudah untuk dibentuk sesuai dengan keinginan karena teksturnya yang fleksibel. Kamu pun bisa menyesuaikan ukurannya dengan kebutuhan, jadi kamu bisa mendapatkan kemasan yang tidak terlalu kecil ataupun tidak terlalu besar.

  1. Meminimalisir biaya produksi dan distribusi

Apabila dibandingkan dengan material kemasan lain seperti botol kaca, jar, ataupun kardus, material plastik memiliki bobot yang sangat ringan. Selain bobotnya ringan, kemasan yang dibuat dari bahan plastik pun tidak memakan banyak tempat jadi kamu bisa lebih menghemat ruang ketika menyimpan kemasan. Tidak hanya itu saja, biaya produksi untuk kemasan plastik makanan pun lebih murah dibandingkan produksi dengan material lain. Oleh karenanya, dengan menggunakan kemasan yang dibuat dari bahan plastik kamu bisa meminimalisir biaya produksi juga distribusi yang pastinya sangat menguntungkan untuk bisnismu kan?

Struktur Lapisan Kemasan Plastik Makanan Fleksibel

Salah satu jenis kemasan plastik makanan yang banyak digunakan adalah kemasan fleksibel. Terdiri dari tiga lapisan, kemasan fleksibel bisa memberikan perlindungan untuk produk makanan kamu dan ukurannya bisa diatur sesuai dengan keinginan. Berikut penjelasan dari ketiga lapisan tersebut:

  1. Lapisan Muka

Lapisan muka merupakan lapisan pertama dari kemasan plastik makanan yang fleksibel. Pada lapisan ini, desain kemasan akan dicetak sehingga bisa menghasilkan kemasan yang menarik dan bisa memikat perhatian konsumen. Bahan yang biasanya digunakan pada lapisan muka adalah plastik berjenis Polyethylene Terephthalate (PET), Oriented Polystyrene (OPP), ataupun Nylon. Meskipun memiliki karakteristik yang berbeda-beda, ketiga jenis plastik

ini memiliki ketahanan yang kuat sehingga bisa memberikan proteksi bagi produk yang ada di dalamnya.

Bahan plastik PET dikenal memiliki ketahanan yang sangat baik sehingga cocok untuk dijadikan kemasan makanan. Selain itu, material ini pun memiliki ketahanan yang baik terhadap kandungan oksigen dan juga karbondioksida. OPP merupakan jenis plastik yang bisa dijadikan bahan untuk kemasan plastik makanan fleksibel.

Selain jenis plastik PET dan OPP, kamu juga bisa menggunakan kemasan plastik makanan berbahan nylon. Merupakan thermoplastic polymer sintetis, bahan ini bersifat kuat dan tahan terhadap paparan zat kimia. Selain itu, nylon pun bisa melindungi jenis makanan yang sensitif terhadap oksigen sehingga bisa melindunginya dari proses oksidasi dengan baik. Biasanya plastik nylon dikombinasikan dengan jenis plastik lainnya agar memiliki ketahanan yang lebih baik dan bisa menjaga produk dengan maksimal.

  1. Lapisan Barrier

Pada lapisan kedua kemasan plastik makanan fleksibel, ada yang disebut dengan “Lapisan Barrier”. Sesuai dengan namanya, lapisan ini bertugas sebagai barrier untuk produk yang ada di dalamnya. Biasanya dibuat dari bahan aluminium foil ataupun film yang membuat kemasan kamu bersifat kedap udara, tahan terhadap paparan sinar matahari langsung, serta bisa menjaga kelembaban di dalam kemasan. Adanya lapisan barrier ini membuat produkmu bisa terjaga kesegarannya dan tidak menurun kualitasnya ketika tiba di tangan konsumen.

  1. Lapisan Seal

Lapisan seal adalah bagian kemasan yang disegel dengan alat bernama “Sealer”. Lapisan ini ada untuk memastikan agar produk yang dibungkus dalam kemasan plastik makanan tidak terkontaminasi pengaruh dari luar seperti bakteri yang bisa menurunkan kualitas.

Kemasan plastik makanan kamu akan terlihat lebih menarik apabila kamu membuatnya dengan cetakan full print. Hal ini pun tentunya bisa memancing perhatian konsumen ketika mereka melihat produkmu ketika berbelanja di swalayan, dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian. Penentuan tampilan kemasan ini tentunya harus kamu lakukan dengan cermat karena berkaitan dengan branding.

Kamu juga bisa mengkreasikan kemasan plastik makanan kamu dengan desain yang personal. Sebab saat ini, konsumen menyukai hal-hal yang personal dan lebih mengapresiasi hal tersebut. Terlebih di masa pandemi seperti ini, dimana para konsumen seringkali mengirim “hampers” untuk kerabat dekatnya. Momen seperti ini

bisa kamu jadikan peluang untuk membuat produk makanan yang dikemas dengan kemasan yang personal.

Solusi Dalam Pembuatan Kemasan Plastik Makanan

Supernova Digipack bisa bantu kamu untuk melakukan itu semua. Kami bisa sediakan kemasan plastik makanan fleksibel yang pastinya dibuat dengan material food grade dan aman untuk digunakan pada produk makanan kamu. Kamu bisa pilih untuk menggunakan jenis kemasan fleksibel seperti apa. Mulai dari kemasan standing pouch, gusset, three block seal (sachet), central seal, ataupun kemasan vacuum pack.

Agar bisa membuat tampilan kemasan plastik makanan kamu lebih eye-catching kami menggunakan mesin digital printing terkini yaitu HP Indigo 20000 yang bisa menghasilkan cetakan berkualitas tinggi setara industri. Warna yang dihasilkan pun berkualitas tajam, kontras, dan pastinya tidak akan gampang luntur. Jadi meskipun produkmu buatan UMKM pastinya nggak akan kalah dengan produk buatan industri, atau malah produkmu bisa lebih bagus dan menang persaingan!

Supernova Digipack merupakan bagian dari PT. Supernova Flexible Packaging yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun di bidang pembuatan kemasan fleksibel, jadi kamu nggak perlu ragu lagi dengan kualitas kemasan yang kami buat. Untuk masalah kehigienisan pun kamu tidak perlu khawatir! Karena Supernova Digipack sudah tersertifikasi FSSC 22000 Food Safety Management sehingga sudah sesuai dengan standar prosedur keamanan pangan. Jadi tunggu apa lagi? Ayo segera bikin kemasan plastik makanan kamu hanya di Supernova Digipack! Untuk Minimum Order Quantity (MOQ) cuma 500 pcs saja lho! Untuk informasi lebih lengkap dan pemesanan langsung aja kunjungi website Supernova Digipack ya!

Apakah Anda menggunakan Browser dalam aplikasi Facebook? Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih baik, silakan buka tautan dengan web browser chrome atau safari!
tap [ ... ] tombol dipojok kanan atas.
OK, saya mengerti