Gula Kemasan Bisnis UKM Yang Menguntungkan

Gula Kemasan: Bisnis UKM Yang Menguntungkan

Gula menjadi salah satu kebutuhan bagi masyarakat. Termasuk ke dalam salah satu jenis sembako, gula memiliki peran yang penting dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari baik untuk rumah tangga ataupun industri bidang makanan dan minuman yang berskala kecil maupun besar. Di Indonesia, bukan hal yang sulit untuk menjadi produsen gula. Karena bahan bakunya mudah didapat. Oleh karenanya kalau kamu tertarik untuk menjual gula, kamu bisa memulainya dengan memproduksi gula kemasan.

Sebagai pengelola UMKM, kamu tidak harus memiliki perkebunan tebu sendiri untuk memproduksi gula kemasan. Kamu bisa menjalani usaha ini dengan mengambil bahan baku dari petani. Usahakan untuk mengambil bahan baku yang berkualitas agar produk gula kemasan yang kamu buat pun berkualitas baik. Proses pengolahan gula yang kamu lakukan pun harus dilakukan dengan benar agar mutu dari bahan baku yang kamu dapat bisa dimaksimalkan.

Jenis Gula Kemasan yang Bisa Kamu Jual

Dalam memproduksi gula kemasan, kamu perlu menentukan terlebih dahulu target konsumen utama kamu agar kamu bisa membuat produk yang memenuhi kebutuhan mereka. Ada banyak jenis gula yang bisa kamu olah sesuai dengan kebutuhan konsumen. Mulai dari gula pasir hingga gula halus. Mau tahu apa saja perbedaan dari setiap jenis gula ini? Simak penjelasan berikut ya!

Gula Pasir

Salah satu jenis gula kemasan yang paling banyak dijual adalah gula pasir. Jenis gula ini dibuat dari bahan dasar tebu. Dimana pada proses awalnya
tanaman tebu akan dipilah terlebih dahulu untuk mengetahui tebu mana saja yang memenuhi syarat untuk diolah menjadi gula. Adapun kriteria yang dimaksud adalah tebu harus matang, bersih, dan segar.

Selanjutnya ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan untuk mengolah tebu menjadi gula pasir antara lain proses penggilingan, pemurnian, penguapan, kristalisasi, putaran (pemisahan kristal dengan larutan yang menempel), pengeringan, dan pendinginan. Gula kemasan berjenis pasir ini banyak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, seperti penyedap masakan, bahan dasar pembuatan makanan dan minuman, pemanis kopi, dan sebagainya.

Gula Jagung

Gula jagung merupakan gula yang dibuat dari bahan dasar jagung. Kamu bisa membuat gula kemasan ini untuk para konsumen yang memiliki diabetes. Sebab, gula jagung memiliki kadar glukosa yang lebih rendah dibandingkan dengan gula yang dibuat dari bahan dasar tebu.

Gula kemasan yang dibuat dari bahan jagung memiliki beberapa kelebihan apabila dibandingkan dengan gula tebu, yaitu bersifat alami sebab gula jagung mengandung fruktosa yang merupakan salah satu jenis gula alami, kaya akan serat sehingga bisa mengontrol kadar gula dalam darah lebih optimal. Selain itu, gula jagung pun tidak akan mengundang obesitas sebab gula jagung mudah diuraikan dalam tubuh.

Gula Merah

Gula merah atau seringkali disebut dengan gula jawa biasanya digunakan untuk membuat makanan dan minuman seperti kue lupus, kue putu. Klepon, gulai, serta bahan tambahan dalam pembuatan roti, kue, sayur, dan sebagainya. Kamu bisa coba menjual gula kemasan berjenis gula merah karena penggunaannya sangat luas.

Kamu bisa menjual gula merah sebagai produk gula kemasan kamu karena memiliki beberapa manfaat dibandingkan dengan gula pasir. Ada sejumlah gizi yang dimiliki oleh gula merah namun tidak ada di gula pasir, seperti mangan, boron, fosfor, dan nitrogen. Selain itu, gula merah memiliki kandungan nutrisi zat besi, kalium, dan magnesium yang lebih tinggi dibandingkan dengan gula pasir.

Dalam kehidupan sehari-hari, gula kemasan berjenis gula merah bisa memberikan manfaat sebagai sumber energi yang baik, bisa meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah anemia, mempercepat peredaran darah dalam tubuh, serta dapat menjaga kadar kolesterol tubuh tetap stabil.

Gula Halus

Salah satu jenis gula kemasan yang bisa kamu jual adalah gula halus. Dibuat dari bahan dasar tebu, gula ini dibuat dengan tujuan gula lebih mudah larut dalam masakan atau adonan. Biasanya, gula halus dipergunakan untuk bahan pembuatan kue. Beberapa produk gula halus pun ada yang ditambahkan tepung maizena ataupun tepung gandum.

Gula kemasan berjenis gula halus mengandung senyawa sukrosa yang bisa memberikan rasa manis pada makanan ataupun minuman. Dengan teksturnya yang halus, gula ini bisa lebih mudah larut bersama telur dan mentega dalam adonan kue. Selain dicampurkan pada adonan kue, jenis gula ini pun biasanya dijadikan taburan untuk bolu, donat, dan semacamnya.

Rekomendasi Packaging Untuk Gula Kemasan

Dengan berbagai jenis gula kemasan yang bisa kamu buat, kamu pun perlu menentukan kemasan seperti apa yang hendak kamu gunakan. Penggunaan kemasan ini tentunya perlu disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Apakah konsumen membutuhkan gula kemasan dalam kuantitas yang kecil ataupun besar. Di pasaran sendiri, sudah banyak jenis gula kemasan yang dijual dalam berbagai ukuran. Mulai dari ukuran 100 gram, 250 gram, 500 gram, hingga 4 kilogram. Berikut beberapa rekomendasi jenis kemasan yang bisa kamu gunakan:

Kemasan Standing Pouch

Kamu bisa coba menjual gula kemasan menggunakan standing pouch. Bentuk kemasan ini pun cukup populer karena bisa memudahkan konsumen ketika menggunakannya. Dengan bentuknya yang bisa diberdirikan, standing pouch bisa membuat produk gula kamu jadi lebih outstanding saat dipajang pada etalase toko.

Untuk menambah nilai jual gula kemasan, kamu pun bisa menambahkan fitur zipper lock. Fitur ini memungkinkan konsumen untuk membuka kemasan dengan lebih mudah dan langsung menutupnya kembali tanpa memerlukan bantuan alat lain seperti klip.

Kemasan Three Block Seal

Apabila kamu ingin menjual gula kemasan dalam ukuran ekonomis, kemasan three block seal bisa jadi solusinya! Lebih dikenal dengan sebutan kemasan sachet, kamu bisa mengemas gula dalam takaran satu kali penggunaan.

Di Supernova Digipack, kamu bisa menemukan kemasan fleksibel dengan bentukstanding pouch dan three block seal untuk mengemas produk gula kamu. Dengan memakai mesin digital printing terkini yaitu HP Indigo 20000, kami bisa menghasilkan cetakan berkualitas tinggi pada gula kemasan yang kamu produksi. Warna yang dihasilkan sangat tajam, kontras, serta tidak mudah luntur. Sehingga bisa membuat tampilan gula kemasan kamu lebih eye-catching dan menarik perhatian konsumen.

Karena gula kemasan yang kamu jual akan dikonsumsi secara langsung oleh konsumen, tentunya kamu perlu memikirkan kehigienisan dari kemasan yang kamu pakai. Seluruh kemasan yang ada di Supernova Digipack bisa dipastikan aman, higienis, serta tidak mengandung zat yang berbahaya. Kami pun sudah tersertifikasi FSSC 22000 Food Safety Management sehingga seluruh proses produksi telah sesuai dengan standar keamanan pangan.

Jadi untuk kamu para pengelola UMKM yang sudah siap menjual gula kemasan, yuk percayakan kemasan kamu pada kamil Kami bisa bantu kamu membuat kemasan setara kelas industri dengan harga yang sangat bersahabat Iho! Untuk informasi lebih lengkap dan pemesanan langsung aja kunjungi website Supernova Digipack ya! Minimal order hanya 500 pcs saja!

Apakah Anda menggunakan Browser dalam aplikasi Facebook? Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih baik, silakan buka tautan dengan web browser chrome atau safari!
tap [ ... ] tombol dipojok kanan atas.
OK, saya mengerti