Cara Cetak Stiker

Cara Cetak Stiker

Ini Dia Cara Cetak Sticker yang Sesuai Dengan Bahannya!

Dalam berbisnis printing, mencetak stiker menjadi salah satu jasa yang banyak digunakan baik secara offline maupun online. Hal tersebut dikarenakan dalam mencetak stiker itu susah-susah gampang sehingga harus menggunakan jasa cetak. Dalam mencetaknya, ada beberapa cara cetak stiker yang digunakan, tetapi juga disesuaikan dengan bahan stiker apa yang digunakan. 

Biasanya pemilihan bahan stiker juga berdasarkan dengan keperluan atau kebutuhannya apa. Selain untuk kebutuhan usaha dan komunita, stiker juga bisa digunakan untuk kebutuhan pribadi. Mulai dari kebutuhan promosi dari bisnis yang kamu lakukan, terdapat berbagai macam yang bisa kamu pilih mulai dari bahan vinyl, HVS, cromo, bontax, chrome, yupo, hingga gold foil. Nah dari berbagai bahan tersebut, ada beberapa cara cetak stiker yang digunakan agar hasil stikernya tetap bagus dan awet loh!

Mulai dari stiker vinyl, bahan ini banyak digunakan untuk membuat stiker karena hasilnya yang mengkilap atau glossy yang sangat cocok untuk digunakan untuk kebutuhan stiker yang disimpan di luar kemasan atau ruangan alias outdoor. Permukaan pada stiker ini berwarna putih atau transparan dengan hasil stiker yang tampak lebih mewah dan elegan. Untuk mencetak stiker berbahan vinyl terdapat tiga cara cetak stiker yang digunakan. 

Pertama adalah cara cetak stiker vinyl normal. Sesuai dengan namanya, cara mencetak stiker vinyl yang satu ini dilakukan dengan mencetak secara normal tanpa adanya proses cutting. Sehingga hasil dari stiker yang sudah dicetak akan dihasilkan dalam bentuk lembaran baik dalam ukuran meteran atau A3/A3+ tergantung dari jasa percetakan yang kamu gunakan serta jumlah yang ingin kamu cetak.

Cara cetak stiker vinyl yang kedua adalah dengan proses cutting. Proses cutting ini terdapat dua jenis, yaitu kiss cut dan die cut. Untuk metode kiss cut, stiker yang sudah dicetak akan terpotong sesuai lekukan desainnya. Potongan tersebut akan terpotong sampai lapisan perekatnya, tetapi bagian paling belakangnya tetap utuh tidak terpotong. Selanjutnya, ada metode die cut dimana metode potongan ini akan memotong mengikuti lekukan desainnya sampai ke bagian belakangnya. Penggunaan kedua metode ini biasanya disesuaikan sama kebutuhan kamu seperti apa. Kalau stiker yang kamu buat akan langsung ditempelkan maka kamu bisa memilih menggunakan metode kiss cut. Sedangkan kalau kamu membutuhkan stiker yang bisa disimpan dan untuk keperluan promosi seperti dibagi-bagikan maka kamu bisa memiliki cara cetak stiker dengan cara die cut. 

Terakhir, cara cetak stiker vinyl dilakukan dengan cara heat transfer. Cara heat transfer atau HTV ini mencetak desain stiker secara terbalik atau mirroring pada mesin percetakan. Hasil cetak stiker nantinya akan melalui proses cutting dan stiker dipotong mengikuti lekukan desain yang ada di file desainnya. Sticker dengan heat transfer ini biasanya bisa digunakan untuk ditempel pada permukaan objek seperti kaos, sehingga stiker yang sudah dikelupas dan ditempelkan nantinya dilapisi dengan transfer paper kemudian di press menggunakan mesin heat press secara merata. 

Dari ketiga jenis cara cetak stiker vinyl, metode-metode tersebut bisa kamu pilih menyesuaikan dengan kebutuhan stiker yang kamu mau. Namun perlu jadi catatan juga ya, kamu juga perlu mengecek ke vendor percetakan jasa mana yang tersedia dan bisa dilakukan dari ketiga metode tadi. Jika dilihat dari ketiga cara tersebut, biasanya stiker HTV ini biasanya lebih sering tersedia di vendor sablon atau penyedia jasa sablon digital untuk kaos. 

Selanjutnya, bahan lain yang digunakan dalam mencetak stiker adalah cromo. Sticker berbahan cromo ini merupakan stiker yang berbasis kertas yang licin dengan hasil cetak glossy namun mudah sobek. Sehingga bahan cromo ini menjadi bahan yang disamakan hasilnya seperti vinyl namun lebih murah. Hal itu dikarenakan stiker berbahan cromo perlu digunakan laminasi agar stikernya jadi lebih awet dan tidak mudah rusak jika terkena air. Cara cetak stiker berbahan cromo ini dilakukan dengan mencetak melalui printer ink jet yang bisa menggunakan tiga jenis tinta mulai dari tinta berbasis air (water base), tinta berbasis tooner, dan tinta berbasis minyak (oil base).

Dalam pengaplikasikannya, cara cetak stiker cromo dilakukan dengan menggunakan mesin printer inkjet rumahan atau mesin berbasis tooner yang dapat dicetak dengan metode offset printing. Mesin printer inkjet yang bisa digunakan untuk mencetak stiker cromo adalah salah satunya seperti mesin Xerox Docu 700 Press. Hasil cetak stiker cromo ini digunakan lebih sering untuk kebutuhan promosi dan branding indoor mulai dari label minuman, kemasan makanan, bahkan stiker undangan dan lainnya. 

Selain itu, ada bahan bernama Bontax. Bahan stiker bontax ini juga bahan stiker yang murah yang sering digunakan untuk kebutuhan label produk atau label kemasan. Kertas bontax ini memiliki daya rekat yang tinggi sehingga stiker ini jika ditempel pada kemasan akan tetap aman meskipun orang-orang banyak memegang bagian stiker ini. Cara cetak stiker yang dilakukan untuk mencetak stiker berbahan bontax adalah dengan menggunakan mesin printer tinta inkjet yang diberi laminasi. Kenapa diberi laminasi? Itu bertujuan agar stiker yang kamu cetak untuk memperkuat daya tahan stiker dan hasil stiker yang lebih indah dengan biaya yang tetap murah.

Selain ketiga bahan tersebut, masih ada lagi bahan-bahan stiker dengan cara cetak stiker yang disesuaikan dengan karakteristik serta kebutuhan bahan dari kamu seperti HVS, Chrome, Yupo, hingga Gold Foil. Di Sinar Pelita Printing, kamu bisa cetak stiker yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Apalagi semakin dipermudah karena kamu bisa melakukan pemesanan cetak stiker secara online dan cepat, jadi gak perlu kamu nunggu lama-lama. Cetak stiker di Sinar Pelita Printing bisa kamu pilih antara cetak stiker untuk ukuran A3/A3+ yang dicetak dengan teknik digital printing yang berkualitas tinggi untuk hasil stiker yang tajam dan bagus. Sticker-stiker yang kamu cetak di Sinar Pelita Printing bisa jauh lebih awet untuk keperluan pengaplikasian di label produk/kemasan makanan, branding nama usaha, petunjuk penggunaan produk dan lainnya.

Di Sinar Pelita Printing, cara cetak stiker yang tersedia dan bisa kamu pilih adalah mencetak stiker menggunakan bahan cromo dan vinyl baik vinyl glossy, vinyl transparan, hingga vinyl metalize. Ukuran cetak stiker dan metodenya juga bervariasi loh! Kamu bisa menggunakan cetak stiker print and cut, cetak stiker meteran, dan cetak stiker A3. Jadi apapun kebutuhan cetak stiker kamu pasti ada di Sinar Pelita Printing. Untuk informasi lebih lanjut soal bagaimana pemesanan cetak stiker di Sinar Pelita Printing hubungi kontaknya via WhatsApp di +62822-6122-6262 atau kamu bisa mengunjungi websitenya di sinarpelitaprinting.com. Yuk buruan pesan cetak stiker kamu untuk berbagai keperluan di Sinar Pelita Printing sekarang juga!

Apakah Anda menggunakan Browser dalam aplikasi Facebook? Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih baik, silakan buka tautan dengan web browser chrome atau safari!
tap [ ... ] tombol dipojok kanan atas.
OK, saya mengerti