Memulai Bisnis Katering Rumahan

5 Tips Sukses Memulai Bisnis Katering Rumahan

Punya hobi memasak dan ingin bisnis online? Salurkan saja dengan memulai bisnis katering rumahan. Bisnis katering tersebut sangat cocok bagi Anda yang ingin bekerja dari rumah dan suka memasak. Apalagi bisnis makanan termasuk usaha yang selalu dibutuhkan sebagai pemenuhan kebutuhan pokok. 

5 Tips Bisnis Katering Rumahan

Bingung cara memulai bisnis katering rumahan? Tenang, ada beberapa tipsnya yang dapat disimak sebagai berikut.

1. Riset Pasar

Sebelum memulai bisnis katering rumahan tersebut, sangat disarankan untuk melakukan riset pasar terlebih dahulu. Riset penting dilakukan agar Anda tahu market atau target produk yang Anda jual. Contohnya, target untuk pekerja kantoran, anak kosan, wanita karir, dan lainnya.

Artikel Terkait:  Rekomendasi Bisnis Online Rumahan untuk Ibu-Ibu

Meski katering termasuk bisnis makanan yang banyak dicari, tapi dengan riset akan memudahkan jenis katering yang cocok dijadikan bisnis. Selain itu, riset juga akan membantu Anda menentukan menu-menu katering yang saat ini banyak digemari atau dibutuhkan.

Misalnya, menu katering khusus vegan atau menu diet ketat dan sebagainya. Dengan melakukan riset juga akan membantu memperkirakan kisaran harga yang dipatok untuk paket katering tersebut.

2. Siapkan Modal

Bisnis tanpa mempersiapkan modal hanya akan menjadi wacana belaka. Sebab itu, perhitungkan dengan benar modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha katering rumahan tersebut. 

Apabila Anda telah menentukan jenis katering, harga, dan semua biaya produksi maka modal akan mudah diperkirakan. Secara umum, modal untuk bisnis katering rumahan tersebut tidaklah besar karena tidak perlu menyewa toko atau tempat usaha. 

Artikel Terkait:  Buku Belajar Bisnis Online: Pastikan Membacanya!

Meski demikian, apabila bisnis tersebut dibuka langsung dalam skala besar dengan memperkerjakan karyawan tentu modalnya akan bertambah. Sebaiknya, kelola bisnis tersebut secara mandiri terlebih dahulu. 

Jika memang banyak orderan dan membutuhkan tenaga lebih, baru Anda bisa mulai merekrut karyawan. Modal tersebut dapat Anda dapatkan dengan mengajukan pinjaman atau mencoba menemukan investor yang tepat.

3. Tentukan Menu, Paket, dan Sistem 

Memulai bisnis katering rumahan tidaklah lengkap tanpa ada menu, paket, dan sistem dalam pemesanan katering tersebut. Menu adalah bagian utama dalam katering karena biasanya menjadi pertimbangan besar konsumen untuk memilih katering.

Tak hanya itu, akan lebih menarik jika bisnis katering rumahan tersebut menyediakan menu dengan pesanan khusus. Misalnya, menu yang khusus anti-MSG, khusus vegan, dan lainnya. Hal tersebut dapat disesuaikan bergantung dari target pasar dan jenis katering yang dibuat.

Artikel Terkait:  Sangat Mudah! Cara Dropship Dari Shopee ke Shopee

Sementara untuk paket katering, buatlah paket yang memang cocok atau dibutuhkan target pasar Anda. Paket katering yang dibutuhkan oleh pekerja kantoran dengan anak kosan tentu saja beda sehingga perlu disesuaikan.

Berikutnya, buatlah skema sistem dari katering tersebut mulai dari cara pemesanannya, pembayarannya, dan sistem kerjanya apabila memperkerjakan karyawan.

4. Pilih Bahan Hemat dan Berkualitas

Temukanlah supplier bahan yang berkualitas tapi harganya terjangkau. Caranya, yaitu dengan membeli langsung pada produsen dalam jumlah besar. Di sisi lain, perhatikan kualitas bahan tersebut bukan sekadar melihat harga murahnya saja. 

5. Promosi dan Berikan Pelayanan Terbaik

Membangun bisnis katering rumahan sudah pasti wajib melakukan promosi. Anda dapat memulainya dengan membuat akun resmi bisnis katering tersebut, rutin upload konten untuk promosi, serta menyebarkan melalui berbagai media sosial. 

Artikel Terkait:  Cara Bisnis Online di Shopee: Keuntungan, Tips dan Triknya

Secara bertahap, usaha katering tersebut akan mulai dikenal dan jangan lupa untuk menciptakan brand atau identitas bisnis katering Anda. Setelah bisnis berjalan, berikanlah selalu pelayanan terbaik agar konsumen puas dan loyal dalam memesan katering.

Itulah info seputar tips memulai bisnis katering rumahan yang dapat Anda coba di rumah. Berawal dari hobi memasak atau pandai mengkreasikan menu, dapat menjadi sumber pendapatan dengan membuka bisnis katering rumah tersebut.