Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Online

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Online yang Benar

Semenjak pandemi Covid 19, banyak perusahaan mengambil kebijakan perekrutan secara online. Selain itu, saat ini berkas-berkas diubah menjadi bentuk digital. Karena itulah banyak situs lowongan pekerjaan yang kemudian memperbolehkan surat lamaran kerja online.

Walaupun online, cara membuat  format dan isinya harus sesuai dengan surat lamaran kerja aslinya. Kelebihan surat lamaran online ini, kita bisa lebih kreatif dalam membuatnya. Bisa menambahkan template yang lucu, dan menarik agar HRD melirik.

Selain itu, surat lamaran kerja online ini jauh lebih praktis dibandingkan dengan surat lamaran menggunakan kertas dan map. Kita juga tidak membutuhkan banyak biaya untuk print kertas dan fotocopy.

Daftar Isi:

Mengapa HRD Tidak Memanggil?

Sama seperti surat lamaran kerja pada umumnya, isi dan format menjadi salah satu penilaian HRD. Meskipun kamu mengirim surat lamaran sebagus apapun jika cara membuat isi ya tidak sesuai dan formatnya tidak tepat, HRD tetap tidak akan melirik kamu.

Selain itu, alasan lainnya mengapa kamu tidak bisa sampai ke tahap wawancara adalah kamu tidak memperhatikan persyaratan penulisan yang biasanya diminta oleh perusahaan.

Jika kamu tidak bisa mengirim surat lamaran kerja online dengan baik di perusahaan, pantas saja HRD tidak memanggilmu wawancara.

Biasanya surat lamaran kerja online ini akan dikirimkan ke email perusahaan. Kesalahan yang banyak terjadi adalah salah dalam mengirimkan format email, dan file berkas masih belum disesuaikan. 

Artikel Terkait:  Situs Kerja Mengisi Survey Online — Dijamin Dapat Duit!

Berikut kami akan memberikan beberapa tips untuk membuat surat lamaran yang tepat melalui email.

Cara Membuat Surat Lamaran Via Email

Ada beberapa hal penting sebelum kamu bisa mengirimkan ke email perusahaan. Mungkin hal ini terlihat sepele, tetapi akan memberikan nilai plus kamu di mata HRD. dan pastinya HRD akan melirikmu untuk lanjut ke tahap selanjutnya.

Berikut ini kami sajikan langkah-langkah yang tepat untuk membuat surat lamaran via email.

1. Format File

Jika kamu menggunakan Microsoft Word untuk menuliskan lamaran pekerjaan, jangan lupa untuk mengubah formatnya menjadi PDF. Hal itu sama dengan aplikasi lainnya seperti Canva dan aplikasi pembuat surat lamaran lainnya.

Artikel Terkait:  Cara Melamar Kerja Online Paling Mudah dan Anti Gagal

Namun, yang menggunakan format PDF tidak hanya surat lamaran saja, ada juga berkas-berkas lainnya yang harus di convert, seperti ijazah Pendidikan, kartu identitas, foto ijazah, dan berkas pendukung lainnya.

Jangan lupa untuk menjadikannya satu file besar PDF.

2. Judul Subject dan Body Email

Banyak pelamar yang salah untuk menuliskan judul subject, dan body email. Padahal inilah yang menjadi persyaratan penting dalam melamar pekerjaan secara online.

Jika kamu salah dalam menulis judul  atau subject, HRD akan kesulitan untuk mencari emailmu dari sekian banyaknya pendaftar. 

Kamu bisa menuliskan judul atau subject yang tepat , dan jangan membiarkannya kosong. Jangan lupa untuk menuliskan identitas diri dan posisi yang akan dilamar.

Artikel Terkait:  Skil Penting Kerja Jadi Admin Online

3. Persyaratan Posisi yang Dibutuhkan

Untuk memenuhi kualifikasi dari perusahaan, sebaiknya kamu melamar posisi sesuai yang dibutuhkan perusahaan. Jangan lupa lampirkan berkas yang sesuai dengan keinginan perusahaan.

Kamu juga bisa melampirkan sertifikat pendukung apabila posisi yang akan kamu lamar sesuai dengan background yang kamu miliki.

Sertifikat ini bisa menjadi salah satu pertimbangan HRD dalam memanggilmu ke tahap yang selanjutnya, jika tidak ada persyaratan yang lebih sulit lainnya kamu bisa melampirkan berbagai sertifikat atau berkas pendukung lainnya.

Itulah bagaimana cara surat lamaran kerja online menjadi favorit HRD. Semoga ilmu ini bermanfaat!