Cara Mengunci HP Yang Hilang

Cara Mengunci HP Yang Hilang, Dijamin Ampuh!

Bagaimana cara mengunci HP yang hilang? Pertanyaan ini sering ditanyakan oleh orang-orang yang baru saja kehilangan ponselnya. Wajar saja, karena saat ini HP digunakan untuk menyimpan data-data penting dan privasi yang sangat rahasia.

Jadi, langkah yang harus dilakukan jika HP hilang yaitu dengan menguncinya. Sayangnya, tidak semua orang mengetahui cara mengunci HP yang hilang. Padahal, ini sangat penting untuk menjaga keamanan data pada HP yang hilang tersebut.

Mungkin Anda sudah mengetahui bahwa terdapat fitur atau aplikasi Find My Device yang bisa melacak keberadaan HP yang hilang. Namun, fitur ini saja tentu tak cukup karena Anda juga perlu mengetahui cara mengunci HP yang hilang supaya data privasi Anda aman. 

Artikel Terkait:  Cara Setting Find My Device di Smartphone yang Hilang

Daftar Isi:

Bagaimana Cara Untuk Mengunci HP yang Hilang

Anda mungkin khawatir jika data yang tersimpan di dalam HP akan disalahgunakan oleh orang lain ketika HP tersebut hilang. Apakah bisa mengunci HP dari jarak jauh? Tentu saja bisa. Berikut beberapa cara yang perlu Anda coba untuk mengunci HP yang hilang:

Artikel Terkait:  Trik Melacak HP yang Hilang Tanpa Menggunakan Aplikasi

1. Mengunci HP Hilang Dengan Laptop

Cara mengunci HP yang hilang pertama yaitu dengan menggunakan laptop. Anda bisa memanfaatkan laptop Anda sebagai perangkat untuk mengunci HP yang hilang. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka laptop, kemudian masuk ke situs web Android Device Manager
  • Masuk ke website tersebut dengan menggunakan akun Google
  • Anda akan melihat notifikasi serta tipe smartphone yang terhubung dengan akun Google yang sudah login
  • Anda juga bisa mengetahui detail waktu serta lokasi keberadaan smartphone saat itu juga
  • Klik tombol ‘Siapkan Kunci & Hapus’, lalu klik ‘OK’ untuk menghapus semua data yang ada di smartphone Anda saat itu juga. Nantinya, semua data Anda akan hilang dan direset secara otomatis
  • Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa data yang ada pada smartphone yang hilang sudah terkunci dan tidak bisa diakses oleh siapapun.
Artikel Terkait:  Cara Menggunakan Family Locator Untuk Keluarga

Selain untuk mengunci HP yang hilang, cara ini juga bisa sebagai cara mengunci HP anak. Namun, perlu diingat bahwa Anda harus login menggunakan akun Google yang sama dengan akun yang digunakan untuk smartphone Anda.

Cara ini tentunya menjadi penyelamat bagi Anda yang menyimpan banyak data penting dan bersifat privasi di dalam smartphone.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, orang yang menemukan HP Anda hanya bisa membukanya saja tanpa bisa mengakses aplikasi dan data lainnya.

2. Mengunci HP Hilang Menggunakan Aplikasi Find My Mobile

Cara mengunci HP yang hilang berikutnya yaitu dengan menggunakan bantuan aplikasi Find My Mobile. Namun aplikasi ini hanya dikhususkan untuk smartphone Samsung saja. Sebab, aplikasi ini dikembangkan secara resmi oleh pihak Samsung. Berikut cara menggunakannya untuk mengunci HP:

  1. Buka aplikasi web browser, kemudian buka situs web findmymobile.samsung.com
  2. Berbeda dengan cara sebelumnya, kali ini Anda bisa login dengan akun Samsung
  3. Setelah masuk, Anda akan melihat peta yang menunjukkan lokasi smartphone yang hilang saat ini. 
  4. Klik menu ‘Tools’ yang ada di bagian pojok kanan untuk melihat apakah smartphone dalam kondisi online atau sedang offline
  5. Untuk mengunci smartphone Anda yang hilang, klik menu ‘Lock’
  6. Jika ingin menghapus seluruh data yang ada pada memori internal, Anda bisa tekan tombol ‘Erase Data’
Artikel Terkait:  Cara Melacak HP Lewat IMEI: Ternyata Bisa Loh!

Cara ini juga bisa menjadi opsi bagi Anda yang sedang ingin mempelajari cara menemukan hp yang hilang. Sebab, cara ini memungkinkan Anda mengetahui lokasi terkini yang menunjukkan keberadaan smartphone yang hilang.

Meskipun demikian, cara reset HP jarak jauh dengan langkah-langkah di atas baru bisa berhasil jika HP Anda yang hilang sedang terkoneksi ke internet. Jika cara ini gagal, artinya smartphone Anda sedang dalam kondisi offline.

3. Mengunci HP Hilang Via Google Find Your Phone

Cara sebelumnya memang hanya bisa dilakukan bagi pengguna Samsung. Nah, cara mengunci HP yang hilang kali ini direkomendasikan oleh pengguna Android merek HP apapun karena Find Your Phone resmi dikembangkan oleh Google.

Artikel Terkait:  Cara Lapor HP Hilang Ke Polisi Beserta Syarat-Syaratnya

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi web browser yang ada di smartphone Anda kemudian masuk ke situs myaccount.google.com/find-your-phone
  2. Anda bisa masuk dengan menggunakan akun Gmail maupun akun Google yang juga terhubung ke smartphone
  3. Untuk mengunci HP yang hilang, Anda bisa klik tombol ‘Lock Your Phone’
  4. Jika ingin menghapus semua data smartphone, pilih opsi ‘Consider Erasing Your Device’

Cara ini juga sering disebut sebagai cara melacak HP hilang dengan email karena untuk masuk ke situs web Find Your Phone Anda bisa menggunakan akun Gmail. Orang yang menemukan smartphone Anda dijamin tidak akan bisa membukanya.

Selain mengaksesnya via web browser, Anda juga bisa melakukan cara ini dengan mengunduh langsung aplikasi Find Your Phone dari Play Store. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk cara melacak HP Android lewat GPS untuk menemukan smartphone yang hilang.

Artikel Terkait:  Cara Hapus Data HP yang Hilang Dari Jarak Jauh

Manfaat Mengunci HP yang Hilang

Mengetahui informasi cara mengunci HP yang hilang saja memang masih tidak cukup. Mungkin Anda juga bertanya-tanya apa saja manfaat yang didapatkan ketika mengunci HP yang hilang. Berikut beberapa manfaatnya:

 

1. Merahasiakan Data

Manfaat pertama dari mengunci HP yang hilang yaitu merahasiakan data yang sebelumnya Anda simpan di HP. Dengan mengunci HP, artinya siapapun yang menemukan HP Anda tidak akan bisa mengakses dan menggunakan data tersebut.

Jadi, Anda tak perlu khawatir data yang ada di smartphone disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Sebab, HP Anda akan terkunci sehingga penemunya tidak akan bisa membuka data yang tersimpan.

Artikel Terkait:  10 Aplikasi Pelacak HP yang Hilang, Inilah Daftarnya!

2. Mencegah Pelaku Kejahatan yang Memanfaatkan Data Pribadi

Setiap orang pasti menyimpan data pribadinya di HP. Baik itu foto, video, maupun pesan-pesan yang ada di chat messenger seperti WhatsApp. Tanpa disadari, data pribadi yang Anda simpan bisa dimanfaatkan oleh orang lain sehingga merugikan Anda sendiri.

Oleh karena itu, ketika HP hilang memang sudah sebaiknya Anda segera mengunci walaupun dari jarak jauh. Mengunci HP dapat mencegah orang yang menemukan HP Anda berbuat jahat dengan data yang tersimpan.

3. Mencegah Data Pribadi Tersebar

Penemu HP memang tidak selalu berniat jahat dengan memanfaatkan data milik Anda. Terkadang, ada juga yang memang hanya ingin melihat-lihat data pribadi yang sifatnya sangat rahasia. Meskipun tidak disalah gunakan, hal ini tentunya  bisa membuat Anda malu.

Artikel Terkait:  Cara Melacak HP yang Hilang, Terbukti Ampuh!

Apalagi, jika HP Anda yang hilang ditemukan oleh teman Anda sendiri. Supaya data rahasia milik Anda tidak tersebar dan tidak diketahui oleh orang lain, maka langkah terbaik adalah menguncinya. Hal ini tidak akan membuat data pribadi dan data rahasia Anda tersebar.

Penutup

Itulah beberapa cara mengunci HP yang hilang. Anda tak perlu lagi khawatir jika kehilangan HP. Sebab, seluruh data yang tersimpan kini bisa diamankan dengan mengunci HP yang hilang dari jarak jauh. Selamat mencoba!