Strategi Terbaik Memulai Bisnis Online Shop

Memulai Bisnis Online Shop: Pastikan Tahu Strateginya!

Di era sekarang, banyak sekali jalan yang memudahkan Anda untuk mencari kesuksesan. Kesuksesan bisa ditemukan dimana saja termasuk memulai bisnis online Shop. Bagi Anda yang suka berjualan, mulailah untuk membuka online shop agar adanya media sosial tidak sia-sia.

Menjalani bisnis online shop sebenarnya tidak sesusah yang dibayangkan. Intinya Anda harus tahu cara dan strategi dalam berjualan sebelum memutuskan menggeluti bidang ini. 

Daftar Isi:

10 Strategi Terbaik Memulai Bisnis Online Shop

Belajar bisnis online shop sekarang mudah dilakukan. Semakin digandrungi apalagi semenjak adanya pandemi, kebanyakan orang pasti punya pegangan online shop. Kenyataan pedagang online yang dapat meraup keuntungan menggiurkan pasti membuat banyak orang ikutan tergiur.

Kelebihan yang ditawarkan bisnis online shop cukup menguntungkan dalam pengeluaran modal yang tidak terlalu banyak. Salah satunya yakni Anda tidak perlu membeli ruko atau menyewa tempat untuk berjualan karena berjualan di media sosial atau marketplace sudah cukup.

Namun jangan hanya sekedar mencoba-coba saja atau mengikuti tren. Jika sudah benar-benar terjun dalam dunia ini, Anda harus benar-benar belajar strategi untuk memulai bisnis online shop yang benar dan bisa menguntungkan dalam jangka waktu lama. Beberapa strateginya antara lain:

Artikel Terkait:  Cara Berbisnis di Instagram Dengan Akun Bisnis: Jangan Dilewatkan!

1. Riset Apa Yang Sedang Dibutuhkan Banyak Orang

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk memulai bisnis online shop yakni menjadi orang yang up to date tentang apa yang sedang dibutuhkan banyak orang. 

Contohnya saat pandemi kemarin, masker dan vitamin adalah hal utama yang dicari masyakarat untuk mencegah penularan virus covid.

Jadilah problem solving mengenai masalah yang sedang dihadapi banyak orang, termasuk Anda sendiri. Dengan begitu, konsumen akan terpikat oleh barang atau jasa Anda tanpa harus melakukan promosi yang berlebihan.

2. Pilih Produk Yang Bisa Dijual Secara Online

Berjualan secara online menjadikan Anda tidak bisa menjual sembarangan produk. Anda harus mengutamakan keamanan dan kualitas produk agar tidak cepat rusak atau basi jika berjualan makanan. Pilih produk yang tahan lama agar Anda tidak sering mengalami kerugian.

Artikel Terkait:  Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee Bagi Pemula

3. Mencari Supplier Yang Terpercaya

Dalam memulai bisnis online shop, Anda harus menentukan supplier mana yang akan diambil. Penentuan supplier juga harus dilihat dari beberapa sisi. Utamakan yang tidak terlalu jauh dengan daerah tempat tinggal agar tidak memakan ongkos yang banyak.

Selain itu, harga dan kualitas barang juga harus didiskusikan. Jangan hanya memilih yang murah saja dengan berharap mendapatkan keuntungan yang besar, Anda juga harus melihat kualitas barang tersebut apakah sesuai dengan harga pasar yang akan diberikan.

4. Riset Kompetitor Sebelum Berjualan

Jika ingin menjadi pebisnis yang hebat, Anda harus mengetahui kompetitor atau saingan dari toko lain. Buka saja berbagai marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan lainnya untuk melihat produk yang orang lain jual beserta harga dan segala macamnya.

Artikel Terkait:  Sangat Mudah! Cara Dropship Dari Shopee ke Shopee

Lihat apa yang mereka tawarkan sehingga banyak pelanggan yang memilih berbelanja disana. Baca juga review pelanggan mulai dari yang positif hingga negatif sekalipun. Setelah itu, tulis hal apa saja yang menjadi kelebihan serta kekurangan toko tersebut dalam melakukan penjualan.

Kekurangan tersebut bisa Anda manfaatkan untuk lebih memaksimalkan permulaan bisnis online Anda. Contohnya, jika toko tersebut pengemasannya kurang aman, Anda harus bisa memutar otak bagaimana cara pengemasan produk yang lebih aman agar tidak mudah rusak.

5. Membuat Media Sosial atau Website

Memiliki akun online shop di marketplace saja rasanya kurang cukup. Anda tidak akan leluasa untuk berkomunikasi kepada pembeli atau calon pembeli. Oleh karena itu, memiliki akun sosial media atau website sekalipun dirasa sangat penting untuk menunjang penjualan.

Artikel Terkait:  10 Ide Bisnis Makanan Ringan Kekinian, Untung dan Banyak Dicari

Kelebihan yang ditawarkan dalam membuat sosmed atau website bukan hanya interaksi dengan followers semakin lancar, disana Anda bisa memajang semua produk yang hendak dijual dan membuat giveaway serta ngetag orang yang terkait dengan produk Anda.

6. Melakukan Promosi atau Endorse

Saat memulai bisnis online shop, Anda harus menyiapkan beberapa modal pendukung lainnya seperti untuk melakukan promosi. Jangan hanya mengharapkan hal gratisan saja, pebisnis yang handal tidak akan keberatan jika harus mengeluarkan uang untuk menunjang penjualan.

Anda bisa memulai melakukan promosi berbayar di Facebook atau Instagram dengan sistem memasang iklan. Pemasangan iklan ini memang ada yang gratis namun tidak akan bertahan lama.  Keluarkan beberapa modal untuk memasang iklan agar bisa bertengger selama berhari-hari.

Artikel Terkait:  4 Jenis Usaha Yang Jarang Tapi Dibutuhkan

Jika cara tersebut masih kurang cukup, Anda bisa endorse atau membayar selebgram atau influencer yang memiliki pengaruh besar di dunia sosial media untuk mereview produk Anda. Dijamin cara ini akan ampuh menarik pembeli bahkan dari jangkauan luar sekalipun.

7. Pilih Model Bisnis Apa Yang Mau Dijalankan

Anda harus tahu metode apa yang akan dilakukan dalam memulai bisnis online shop. Berjualan online bisa melalui berbagai cara diantaranya stok barang, menjadi dropshipper, menjadi reseller, atau usaha dari awal dengan membuat brand sendiri. 

Namun buat Anda yang tidak memiliki modal banyak atau bahkan modal terbatas, cobalah cara dropshipper terlebih dahulu untuk meminimalisir kerugian. Dropshipper merupakan bisnis dimana produk yang dijual tidak di stok pembeli tapi dibeli langsung ke pihak ketiga.

Artikel Terkait:  Kumpulan Kata-Kata Motivasi Bisnis Online Yang Membakar Semangat!

8. Evaluasi Dengan Rutin

Semua bisnis online shop pasti ada pasang surutnya, kadang berada di atas namun juga tidak menutup kemungkinan akan berada di bawah. Maka dari itu, sebagai pebisnis baik online maupun offline harus melakukan evaluasi secara rutin. 

Jangan pernah terlena dengan perkembangan bisnis yang pesat dan malas untuk melakukan evaluasi karena merasa sudah berjalan dengan baik. Pebisnis yang hebat pasti akan selalu mencari kekurangan bisnis sendiri dan terus melakukan perbaikan agar selalu stabil bahkan naik.

9. Mempertahankan Pelanggan Setia

Selain terus mencari konsumen baru, mempertahankan konsumen lama agar tetap menjadi pelanggan setia adalah hal yang penting. Jangan sampai konsumen lama tidak mau membeli karena adanya pelayanan yang kurang memuaskan pada bisnis online shop Anda.

Artikel Terkait:  Tetap Produktif, Meski Kerja Online Di Rumah Lewat HP

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat orang terus repeat order. Diantaranya yakni sering memberi harga promo, menyapa, dan memberikan bonus atau reward. Setelah itu mereka akan menulis review yang memuaskan tentang produk jualan Anda.

10. Membuat Brand Terpercaya

Jika ingin memulai bisnis online shop, jangan pernah melakukan secara asal-asalan, begitupun saat memberi nama atau brand. Pikirkan matang-matang nama paling cocok untuk brand Anda yang dapat menunjukkan kualitas dari produk yang akan dijual.

Tidak hanya nama, logo serta kemasan juga harus benar-benar dipikirkan guna membuat masyarakat tertarik untuk membeli. Karena kepercayaan orang mengenai suatu produk bermula citra bisnis itu sendiri.

Artikel Terkait:  Rekomendasi Bisnis Online Rumahan untuk Ibu-Ibu

10 strategi dalam memulai bisnis online shop ini diharapkan bisa membangun semangat bagi para pemula. Jangan pernah menyerah dan tetap konsisten dalam menjalankan bisnis guna mendapatkan hasil sesuai ekspektasi.