Kerja Online Part Time Vs Full Time

Kerja Online Part Time Vs Full Time, Manakah Yang Lebih Worth It ?

Bekerja secara online sedang menjadi tren yang bahkan keuntungannya pun tidak main-main. Hal tersebut terjadi karena pesatnya kemajuan teknologi saat ini. Lalu, manakah yang lebih menguntungkan kerja online part time vs full time ? simak selengkapnya di bawah ini. 

Tahukah kamu? bahwa banyak sekali pekerjaan secara online yang bisa kamu lakukan sesuai dengan passion dan minat kamu. Meski bagi beberapa pihak masih acuh tak acuk dengan pekerjaan tersebut, namun nyatanya hal tersebut sangat sayang sekali untuk dilewatkan.

Di zaman yang semakin maju kita juga harus turut ikut berkembang mengikuti kemajuan teknologi. Oleh karena itu, adanya kerja online part time vs full time yang dapat menjadi pilihan bagi kamu yang sedang menyusun rencana karir di masa depan. 

Artikel Terkait:  Skil Penting Kerja Jadi Admin Online

Daftar Isi:

Apa itu Bekerja Secara Online? 

Kerja secara online merupakan suatu pekerjaan yang dilakukan secara online menggunakan jaringan internet, dapat dilakukan secara fleksibel baik di rumah,  kantor, cafe, dan di tempat-tempat lainnya sesuai dengan keinginan pekerja dan tuntutan pekerjaannya. 

Artikel Terkait:  Rekomendasi Situs Untuk Freelancer: Berikan Peluang Kerja

Terdapat 2 jenis kerja online yang dapat dilakukan, yaitu secara part time ataupun full time. Meski keduanya terdengar mirip namun memiliki fungsi dan jenis pekerjaan yang berbeda. Kerja online part time vs full time kira-kira manakah yang lebih fleksibel untuk mahasiswa ? 

Kerja Online Part Time Vs Full Time, Apa Bedanya?

Pada dunia kerja sering kali dikenal dengan pegawai kontrak atau pegawai tetap. Lalu, apakah perbedaanya dengan kerja online part time dan full time? Berikut ini pengertian dan perbedaan secara lengkap kerja online part time vs full time

Kerja Online Part Time 

Kerja online part time vs full time, pertama-tama kita akan bahas tentang kerja online part time atau biasanya disebut kerja paruh waktu merupakan pekerjaan tambahan, waktu bekerja hanya 3 – 4 jam / hari saja dan sifatnya hanya sementara. 

Artikel Terkait:  Kerja Online Dibayar Tiap Hari dengan Penghasilan Menjanjikan

Jenis kerja online part time sangatlah beragam, cocok sekali untuk mahasiswa yang ingin mencari uang tambahan tanpa takut terikat yang akan mengganggu waktu kuliah ataupun bagi freelancer yang sedang merintis karir dalam bidang online.

1. Jasa Desain

Jasa desain produk atau desain grafis, keahlian dalam membuat desain periklanan suatu produk baik banner, spanduk, maupun iklan di media sosial menggunakan aplikasi desain. Hal ini cukup menguntungkan dan menjanjikan untuk dicoba.

2. Ilustrator

Siapa sangka menggambar abstrak juga dapat menjadi pundi-pundi uang loh. Kamu hanya perlu memposting hasil gambarmu di situs penjual desain dan mencantumkan harga serta hak ciptamu atau mempromosikannya di media sosial. 

Artikel Terkait:  Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Online yang Benar

3. Content Creator

Content creator atau pembuat konten baik video berupa review atau ulasan produk juga merupakan sarana periklanan yang banyak sekali peminatnya karena terbilang unik dan tidak membosankan.

4. Fotografer atau fotografi

Pekerjaan ini tidak hanya sebatas mengabadikan pemandangan melainkan objek-objek yang aesthetic. Tidak hanya sebatas dipajang di galeri museum saja, saat ini kamu juga dapat hasil jepretanmu di media sosial seperti instagram atau blog. 

4. Bisnis online shop

Pekerjaan ini merupakan jual beli yang dilakukan secara online. Kamu dapat menjual dan memasarkan produkmu sendiri melalui sosial media atau melalui e-commerce terpercaya.  

5. Translator

Translator adalah pekerjaan menerjemahkan bahasa asing seperti Inggris, Korea, Mandarin dan masih banyak lagi. Bagi kamu yang menguasai bahasa asing hal ini dapat menjadi rekomendasi pekerjaan online dari rumah yang cocok bagi kamu. 

Artikel Terkait:  Aplikasi Kerja Online Untuk Sampingan

Kisaran gaji part time online pun sangatlah beragam mulai dari puluhan ribu hingga ratusan juta rupiah tergantung profesi dan jam terbang yang telah dimilikinya. Dengan modal nol rupiah dan tanpa pengalaman pun kamu bisa memulai kerja part time dari rumah

Kerja Online Full Time 

Kerja online full time adalah pekerjaan yang dilakukan secara online atau work from home dengan jam kerja 7 – 8 jam terikat oleh perusahaan atau instansi. Gaji yang ditawarkan pun beragam mulai dari ratusan hingga puluhan juta rupiah dengan sistem pembayaran bulanan. 

Ada berbagai jenis pekerjaan online full time yang bisa kamu coba. Bagi kamu pemula dan belum memiliki pengalaman bekerja, kamu dapat memulainya dengan mengikuti internship di perusahaan-perusahaan untuk meningkatkan skill. Berikut ini diantaranya: 

Artikel Terkait:  Cara Melamar Kerja Online Paling Mudah dan Anti Gagal

1. Admin Sosial Media atau mimin sosmed

Pekerjaan ini berkutat pada jasa pengelola beranda dan interaksi terhadap followers di sosial media seperti instagram, Tiktok, dan lainnya. Hal tersebut sebagai salah satu metode pemasaran secara online yang digunakan oleh perusahaan. 

2. Les Private Secara Online

Bagi kamu mahasiswa yang ingin mencari uang tambahan dengan kerja full time tanpa mengganggu waktu kuliah hal ini dapat menjadi opsi. Karena sistem kerja online yang dapat dilakukan dimana saja.

3. Web Software Engineer

Pekerjaan ini bertugas untuk menganalisa, mengembangkan, hingga mendesain aplikasi sistem web. Membuat situs untuk membantu pekerjaan dan sebagai portofolio online perusahaan.  

Artikel Terkait:  Tips Menjadi Content Writer: Jangan Dilewatkan!

4. Content Writer

Menulis konten di portal – portal online periklanan juga tidak kalah menarik dan banyak diminati akhir – akhir ini. Bagi kamu yang memiliki hobi menulis dapat menjadi profesi yang cocok bagi kamu.  

5. SEO Specialist

Pada intinya pekerjaan ini bertugas untuk meningkatkan hasil pencarian dari halam web yang bertujuan agar mudah ditemukan oleh pengguna internet. SEO merupakan pekerjaan yang tidak mudah dan bayarannya pun tidaklah murah. 

6. Data Entry

Pekerjaan ini bertugas memasukan sebuah data kedalam database perusahaan. Pekerjaan ini cukup banyak diminati dan mudah untuk dilakukan, terutama bagi mahasiswa yang sedang mencari pekerjaan sampingan melalui jalur online. 

Artikel Terkait:  Langkah Mudah Menjadi Freelancer Desain Grafis

7. Perencanaan finansial atau perencana keuangan

Pekerjaan ini memerlukan gelar sarjana bidang ekonomi. Kamu hanya perlu membangun relasi dengan antar client dan kamu akan memiliki banyak koneksi tentunya. 

Bagi kamu yang ingin mencoba hal baru bekerja online sebagai perencana keuangan hal ini dapat menjadi alternatif yang patut untuk kamu coba. Pekerjaan yang cukup menjanjikan dengan bayaran yang fantastis. 

Keuntungan Kerja Online Part Time Dan Full Time 

Apa saja keuntungan kerja online part time vs full time? Keuntungan keduanya adalah dapat bekerja dimana saja dan tidak jenuh dengan tempat kerja yang itu-itu saja. Selain itu, kamu juga dapat melakukan 2 – 3 pekerjaan sekaligus selama bisa mengatur waktu dengan baik.

Artikel Terkait:  Rekomendasi Kerja Online untuk Pelajar: Mudah dan Banyak Diminati

Kerja online part time vs full time sebagai penunjang karir jangka panjang? baik  kerja part time online maupun full time, keduanya sama-sama punya jenjang karir yang menjanjikan, kuncinya hanya tekun dan konsisten terhadap apa yang kamu kerjakan. 

Sekian, itulah pengertian kerja online part time vs full time dan perbedaanya. Semoga dapat menjadi referensi kamu yang sedang mencari pekerjaan. Manakah kira-kira yang sudah menjadi pilihanmu, antara kerja online part time vs full time?