Cara Melacak HP Lewat IMEI

Cara Melacak HP Lewat IMEI: Ternyata Bisa Loh!

Kehilangan HP saat ini bisa ditelusuri dengan mudah lewat Imei. Ada cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui lokasi keberadaan HP jika mengetahui nomor Imei dari handphone yang hilang. Untuk lebih jelas bagaimana cara melacak HP lewat Imei ini, simak artikel berikut ini.

Daftar Isi:

Apa itu IMEI?

Anda tentu sudah sering mendengar soal Imei, tetapi apakah sudah mengetahui apa sebenarnya ini? Untuk dapat melakukan cara melacak HP lewat Imei, sebaiknya ketahui terlebih dahulu soal ini. IMEI ini adalah kepanjangan dari International Mobile Equipment Identity. 

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti nomor identitas yang khusus digunakan untuk melakukan identifikasi sebuah ponsel. Pada umumnya, IMEI ini merupakan nomor yang berisi 14 digit. Dan ada tambahan satu digit ke 15 untuk fungsi verifikasi ulang dari digit sebelumnya.

Digit ini digunakan untuk mendapatkan informasi terkait handphone. Informasi yang bisa didapat dari digit ini bisa berupa asal handphone, pabrikan, ataupun nomor model dari handphone.

Artikel Terkait:  Cara Mengunci HP Yang Hilang, Dijamin Ampuh!

Apa Kegunaan IMEI?

IMEI ini memiliki beberapa kegunaan penting, berikut beberapa kegunaan yang perlu diketahui terkait IMEI. 

1. Digunakan Untuk Pengecekan Garansi

Fungsi nomor IMEI yang utama untuk mengecek masa berlaku garansi pada handphone. Kegunaan ini penting terkait dengan pembelian HP baik untuk pembelian online ataupun offline. 

Dengan nomor IMEI ini calon pembeli bisa melakukan pengecekan sangat bisa untuk mengecek terlebih dahulu apakah HP yang akan dibeli masih dalam kondisi baru atau atau bekas pakai.

2. Memuat Informasi Handphone

Nomor IMEI ini bisa juga digunakan untuk mengetahui identitas dari handphone. Pemilik handphone dapat mengetahui dengan lengkap informasi terkait handphone yang dimiliki. Jika ingin mengetahui informasi terkait handphone dari IMEI, bisa kunjungi website imei.

Artikel Terkait:  10 Aplikasi Pelacak HP yang Hilang, Inilah Daftarnya!

3. Pelacakan Handphone

Cara melacak HP lewat IMEI juga jadi fungsi yang berguna. Namun cara ini juga perlu proses yang melibatkan provider kartu SIM untuk melakukan pemblokiran kartu terlebih dahulu.

Cara Mengetahui Nomor IMEI

Mengingat pentingnya nomor IMEI, dimana salah satunya sebagai cara melacak HP lewat IMEI, jadi perlu untuk tahu dan mencatat nomor ini. Bagi yang belum mengetahui nomor IMEI di HP yang dimiliki, cara menemukannya cukup mudah dan simpel. 

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan nomor IMEI, yang mudah untuk dilakukan dan tidak akan membutuhkan waktu lama.

1. Menggunakan Phone Dialer

Check nomor IMEI dengan menggunakan phone dialer merupakan cara paling umum untuk dilakukan.Cara ini juga mudah dilakukan dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Berikut cara yang harus dilakukan.

  1. Pertama bukan aplikasi panggilan telepon di HP
  2. Lalu masukan kode *#06# pada kolom panggilan telepon
  3. Selanjutnya tekan tombol Call.
  4. Setelah itu akan muncul nomor IMEI dari HP
Artikel Terkait:  Cara Menggunakan Family Locator Untuk Keluarga

2. Menggunakan HP Android

Untuk pengecekan nomor IMEI bisa juga dilakukan lewat HP Android. Cara menemukan nomor IMEI menggunakan android ini cukup mudah. Berikut langkah yang perlu dilakukan.

  1. Pertama masuk ke Settings terlebih dahulu
  2. Cari menu  About Phone atau About, umumnya menu ini berada di halaman paling bawah
  3. Buka menu About 
  4. Lalu lanjutkan dengan pilih Status atau Phone Status

3. Cek Nomor IMEI di iPhone

Bagi pengguna iPhone, nomor IMEI bisa dilakukan di iPhone. Cara pengecekan juga sangat mudah untuk dilakukan. 

  1. Pertama buka bagian Settings 
  2. Lalu buka menu General (Umum)
  3. Lanjutkan dengan masuk ke menu About
  4. Dan temukan nomor IMEI di halaman ini
Artikel Terkait:  Cara Melacak Hp Dalam Mode Pesawat, Lewat Lini Masa Google Tanpa HP Lain

4. Cara Lain Cek Nomor IMEI

Cara untuk mengetahui nomor IMEI lainnya adalah dengan membuka HP. Pertama buka bagian belakang HP dan cabut baterainya. Nomor IMEI ini biasanya ditempelkan pada bahwa baterai. 

Sedang untuk HP dengan model baterai tanam bisa dilihat pada box HP pada saat pertama kali membelinya. Dengan mempertimbangkan kegunaannya dalam cara melacak HP lewat IMEI, sebaiknya simpan dengan baik box setelah pembelian HP baru.

Susunan Nomor IMEI

Nomor IMEI 15 digit ini dibuat oleh lembaga internasional, Global System for Mobile Communications Associations (GSMA). IMEI ini merupakan aturan dasar yang harus dipatuhi oleh seluruh pabrik pembuat handphone. 

IMEI ini memiliki susunan tertentu, meski tampaknya tidak penting, tidak ada salahnya mengetahui susunan dari nomor ini. Berikut susunan yang terdapat pada IMEI.

  • AA : Dua digit di awal angka ini merupakan pengidentifikasi badan pelaporan (reporting body). Kode ini digunakan untuk menunjukan di pabrik yang disetujui oleh GSMA yang digunakan untuk mengalokasikan TAC (kode alokasi tipe) pada perangkat seluler.
  • BBBBBB : kode ini merupakan sisa dari TAC.
  • CCCCCC : kode ini sebagai urutan serial model perangkat.
  • D : kode verifikasi untuk pemeriksaan ulang seluruh digit yang datang sebelumnya.
Artikel Terkait:  Solusi dan Penyebab Find My Device Tidak Dapat Menjangkau Perangkat

Cara Melacak HP Lewat IMEI

Salah satu kegunaan nomor IMEI adalah sebagai cara melacak HP yang hilang atau dicuri. Cara melacak HP dengan IMEI ini memang membutuhkan proses, namun bisa tetap dilakukan oleh pemilik HP.

Hal pertama yang perlu disiapkan dan dimiliki adalah menyiapkan nomor IMEI. Untuk melakukan pelacakan juga diperlukan surat kehilangan di kantor polisi. Surat kehilangan ini akan diminta sebagai syarat permohonan ke provider SIM card yang digunakan di HP yang hilang.

Setelah proses pengajuan disetujui dan semua persyaratan sudah dipenuhi, petugas akan bisa melakukan pelacakan dan memberikan data tentang lokasi HP. Jadi melacak HP dengan IMEI online sepertinya belum memungkinkan untuk dilakukan.

Artikel Terkait:  Cara Hapus Data HP yang Hilang Dari Jarak Jauh

Sebagai catatan, cara ini bisa dilakukan hanya saat HP terhubung dengan internet, GPS, dengan SIM Card masih ada didalamnya. Namun jika HP dalam keadaan mati, pengecekan melalui nomor IMEI ini juga tidak bisa dilakukan. 

Cara Pelacakan Menggunakan Aplikasi

Bagi yang enggan melakukan prosedur cara melacak HP lewat IMEI, ada alternatif cara lain yang bisa dilakukan dengan cara menggunakan aplikasi. Berikut beberapa aplikasi yang bisa dipertimbangkan untuk melakukan pelacakan HP.

1. Find My Device

Find My Device bisa jadi andalan untuk mencari lokasi HP hilang. Terdapat fitur Locate Your Phone pada aplikasi ini dimana bisa menunjukan lokasi dimana HP berada. 

Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengunci aplikasi dari jarak jauh, dengan cara ini pada saat HP hilang masih bisa melindungi data pribadi.

Artikel Terkait:  Trik Melacak HP yang Hilang Tanpa Menggunakan Aplikasi

2. Cerberus Anti Theft 

Aplikasi ini merupakan bisa digunakan untuk melacak HP hilang. Terdapat fitur tracking di HP ini yang akan dapat menemukan lokasi keberadaan HP yang hilang. Aplikasi ini juga memiliki fitur alarm yang dapat berbunyi dengan kencang walau HP dalam keadaan silent.

Penutup

Cara melacak HP lewat IMEI bisa jadi pilihan untuk cara menemukan HP yang hilang. Meski jarang diperhatikan ternyata cukup penting untuk mengetahui nomor IMEI di perangkat ponsel Anda. Jadi ada baiknya mencatat nomor IMEI agar jadi antisipasi jika ada kejadian HP hilang.